Kemenangan RUU Healthcare Presiden Trump Pengaruhi Bursa Dunia

624

Upaya pemerintahan Presiden AS Donald Trump meloloskan RUU Healthcare mereka menggantikan UU Healthcare pemerintahan sebelumnya atau Obamacare akhirnya mendapat jalan untuk maju ke Senat AS setelah DPR negara tersebut menyetujuinya pada hari Kamis (4/5).

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat akhirnya menyetujui RUU yang diberi nama American Healthcare Act melalui vooting dengan posisi 217 suara setuju dan 213 menolaknya, kemenangan suara terbanyak didapat dari semua politisi partai pendukung pemerintahan yaitu Partai Republik.

RUU Trumpcare yang disetujui DPR akan menggantikan sebagian besar UU Healthcare pemerintahan Obama atau Affordable Care Act yang disahkan pada tahun 2010, khususnya aturan yang memberi penalti bagi untuk yang tidak membeli asuransi kesehatan. Dampak dari oabamcare ini telah membuat 20 juta lebih orang Amerika terdaftar dalam asuransi kesehatan. Sebagai informasi, obamacare ini sudah sering diperjuangkan partai Republik untuk diganti sejak UU tersebut disahkan pada tahun 2010.

Sekalipun RUU Trumpcare masih harus maju ke Senat AS untuk disahkan oleh 100 politisi dari Partai Republik (52 suara) dan Partai Demokrat (48 suara), kemenangan di parlemen AS telah memberikan nilai kuat bagi pemerintahan Presiden AS Donald Trump yang dilantik bulan Januari 2017.

Sebelumnya banyak berita yang menyebutkan Donald Trump kurang mampu membuat ekonomi negara Amerika Serikat maju karena sempat beberapa kebijakannya mendapat pertentangan oleh partai pengusungnya sendiri termasuk RUU healthcare ini selain UU reformasi pajak. Merespon disetujuinya RUU healthcare pemerintahan Trump berhasil mengangkat tinggi kembali nilai mata uang dollar AS yang sempat anjlok pada perdagangan sebelumnya.

H Bara/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here