Komentar Kuroda-BOJ Menambah Rally Safe Haven Yen

397

Anjloknya harga minyak mentah dunia hingga jatuh ke bawah kisaran US$45 per barel di tengah sesi Asia hari Jumat (5/5) membuat perdagangan aset beresiko seperti bursa saham kawasan Asia turun ke zona merah. Kondisi ini membuat kurs yen Jepang kembali menguat dan melanjutkan rally perdagangan sebelumnya.

Lihat: Indeks Hang Seng 5 Mei Melemah 1 Persen Terganjal Kemerosotan Minyak Mentah

Selain sentimen diatas, yen juga mendapat kekuatan tambahan dari pernyataan Gubernur Bank Sentral Jepang (BOJ) Kuroda yang  mengatakan bahwa dia yakin bahwa upah  dan inflasi  akan mulai meningkat dalam beberapa bulan dan tahun mendatang. Komentar hawkish Kuroda ini memberikan kekuatan fundamental yen.

Safe haven yen berhasil rebound perdagangan sebelumnya oleh aksi profit taking dollar AS yang cukup besar pasca pengumuman kebijakan moneter Fed akhiri pertemuan selama 2 hari komite kebijakan Fed atau FOMC.

Pergerakan pair USDJPY  sesi Asia (11:30:21 WIB)  bergerak lemah setelah  dibuka  lebih rendah  pada posisi   112.44  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  USDJPY kini masih bergulir   pada posisi 112.16 yang nyaris mencapai support kuatnya  setelah sempat mencapai posisi  tertinggi di 112.63.

Untuk perdagangan selanjutnya, pair USDJPY sedang bergerak turun menuju support kuatnya di posisi 112.06. Dan jika  embus pada sesi Eropa  akan turun terus ke support lemahnya di 111.80. Namun jika terjadi koreksi akan naik kembali ke posisi awal sesi sebelum menuju resisten kuatnya di posisi 112.83.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here