Harga Emas Mingguan Merosot 3 Persen; Peningkatan Perdagangan Tiongkok Memberikan Dukungan

400

Harga emas naik pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (06/05) setelah data menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja A.S. rebound pada bulan April dan tetap berada di jalur untuk kerugian mingguan terbesar dalam enam bulan karena ekspektasi kenaikan suku bunga A.S. pada bulan Juni tumbuh dan risiko politik zona eropa surut.

Harga emas spot LLG naik 0,05 persen pada $ 1,227.81 per ons, sedikit berubah dari Kamis malam dan berakhir pekan turun 3,1 persen, penurunan mingguan terbesar sejak November.

Harga emas berjangka A.S. kontrak Juni beringsut turun $ 1,70 untuk menetap di $ 1,226.90.

Dolar AS menguat terhadap sekeranjang mata uang utama setelah data payroll A.S., namun reaksinya diredam, dengan euro mendekati level tertinggi enam bulan sebelum pemilihan Prancis pada hari Minggu.

Kurva yield Treasury A.S. diratakan setelah laporan tersebut menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja di bulan April rebound dan tingkat pengangguran turun ke level terendah 10 tahun, memperkuat pandangan bahwa Federal Reserve kemungkinan akan menaikkan suku bunga lagi di bulan Juni.

Emas mencapai titik terendah enam minggu di $ 1,225.25 pada hari Kamis setelah Fed mengecilkan ancaman terhadap kenaikan tingkat yang direncanakan tahun ini, yang mendukung perkiraan pergerakan lainnya di bulan Juni.

Logam sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga A.S., yang meningkatkan biaya kesempatan menahan emas yang tidak menghasilkan sambil mendorong dolar, di mana harganya terjangkau.

Kekhawatiran atas kemenangan kandidat sayap kanan Marinir Le Pen dalam pemilihan presiden Prancis, yang membuat emas turun bulan lalu, telah memudar. Pemungutan suara pada hari Minggu diperkirakan akan memilih Emmanuel Macron yang moderen, yang disukai oleh para investor.

Holdings of gold exchange-traded products (ETPs) yang dilacak oleh Reuters telah dipastikan cukup stabil selama penjualan baru-baru ini, yang sekarang berdiri kurang dari 1 persen di bawah level tertinggi 5 bulan di bulan April.

Perak spot turun 0,12 persen menjadi $ 16,26, setelah mencapai level terendah empat bulan di $ 16,17 pada sesi terakhir. Logam tersebut telah jatuh 10 persen pada kuartal kedua.

Platinum naik 0,75 persen pada $ 905,75 per ons. Palladium menguat 1,24 persen menjadi $ 814 per ons. Penyebaran antara platinum dan paladium hampir menyempit dalam 15 tahun, setelah turun di bawah $ 100 per ons minggu ini.

Hari ini telah dirilis data perdagangan Tiongkok yang meningkat, memberikan sentimen positif meningkatnya permintaan Tiongkok.

Terpantau pagi ini harga emas meningkat. Harga emas spot LLG meningkat 0,27 persen pada $ 1,230.36. Sedangkan Emas berjangka AS meningkat 0,37 persen pada $ 1,230.70

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik dengan meningkatnya data perdagangan Tiongkok. Demikian juga kemenangan Macron di pemilihan Presiden Perancis memberikan dukungan aksi beli. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,230 – $ 1,232, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,226 – $ 1,224.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here