Bursa Wall Street Naik, Nasdaq dan S&P 500 Cetak Rekor

615

Bursa Wall Street menguat pada akhir perdagangan Selasa dinihari (09/05). Indeks Nasdaq dan S & P 500 membukukan level intraday dan penutupan tertinggi karena investor mencerna kemenangan Emmanuel Macron atas Marine Le Pen dalam pemilihan presiden Prancis.

Indeks tersebut menembus rekor tertinggi intraday masing-masing sesaat setelah dibuka dan ditutup dekat rekor. indeks Dow Jones juga ditutup sedikit lebih tinggi, dengan Apple memberikan kontribusi keuntungan paling banyak.

Macron melaju untuk memenangkan kursi kepresidenan Prancis, mengamankan setidaknya 65 persen suara di babak kedua pemilihan. Investor di seluruh dunia sangat mengharapkan hasil ini karena sebagian besar jajak pendapat memproyeksikan kandidat berusia 39 tahun itu untuk menang.

Bursa saham di seluruh dunia menguat menyusul putaran pertama pemilihan Prancis pada 23 April.

Euro sempat naik di atas $ 1,10 melawan dolar untuk pertama kalinya dalam enam bulan setelah Le Pen dikalahkan, sebelum diperdagangkan sekitar setengah persen lebih rendah pada $ 1,093.

Bursa Eropa turun secara luas, dengan indeks Stoxx 600 pan-Eropa tergelincir 0,28 persen. Indeks CAC 40 Prancis, sementara itu, turun 1 persen.

Energi dan konsumen termasuk di antara sektor dengan kinerja terbaik di S & P.

Dalam berita ekonomi A.S., Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard dan Presiden Fed Cleveland Loretta Mester berbicara sebelum pembukaan.

Mester – seorang yang dikenal hawkish di komite pembuat kebijakan The Fed – mengatakan dalam sebuah pidato: “Kami telah mencapai bagian kerja maksimal dari mandat dan inflasi mendekati tujuan 2 persen kami.”

The Fed menahan kenaikan suku bunga pada pertemuan pekan lalu, namun menetapkan langkah Juni. Ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga bulan depan adalah 83,1 persen pada hari Senin, menurut alat FedWatch CME Group.

Bullard, memberikan catatan yang lebih dovish dalam komentarnya pada hari Senin. Dia mengatakan bahwa permintaan kuat akan aset yang aman seiring dengan lambannya pertumbuhan tenaga kerja A.S. akan terus berlanjut

Dalam berita perusahaan, Sinclair Broadcast akan mengakuisisi Tribune Media seharga $ 3,9 miliar atau $ 43,50 per saham. Pengumuman tersebut membuat saham Tribune naik lebih dari 6 persen dan Sinclair 2,8 persen lebih tinggi.

Coach juga setuju untuk membeli Kate Spade seharga $ 2,4 miliar atau $ 18,50 per saham, dalam upaya untuk lebih bergairah dengan konsumen yang lebih muda.

Secara total, ada lebih dari $ 13 miliar yang mengumumkan akuisisi dan akuisisi A.S. pada Senin, kata Richard Peterson, direktur senior di S & P Global Market Intelligence. Namun, dia juga mengatakan mengumumkan nilai kesepakatan untuk tahun ini turun sekitar 2 persen dari 2016.

Wall Street juga mencerna data ekonomi utama dari China, karena ekspor dan impor negara tersebut gagal memenuhi ekspektasi untuk bulan April.

Indeks Dow Jones naik 5,34 poin atau 0,03 persen, ditutup pada 21.012,28, dengan kenaikan tertinggi saham Apple dan saham DuPont tertinggal.

Indeks S & P 500 naik 0,09 poin menjadi berakhir pada 2.399,38, dengan energi memimpin empat sektor lebih tinggi dan sektor bahan berkinerja buruk.

Indeks Nasdaq naik 1,90 poin atau 0,03 persen menjadi 6.102,66.

Malam nanti akan dirilis data JOLTs Job Openings Maret dan Wholesale Inventories Maret, yang diindikasikan melemah. Jika terealisir akan menekan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak lemah jika data ekonomi terealisir menuirun. Namun juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan kebijakan Presiden AS Donald Trump.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here