Harga Emas Mixed, Penguatan Dollar AS Diimbangi Bargain Hunting

703

Harga emas mixed pada akhir perdagangan Selasa dinihari (09/05) terpicu penguatan dollar AS yang diimbangi aksi bargain-hunting setelah harga emas turun ke level terendah tujuh minggu sebelumnya karena permintaan safe haven surut setelah Emmanuel Macron memenangkan pemilihan presiden Prancis.

Harga emas spot LLG mengurangi kerugian, turun 0,07 persen menjadi $ 1,226.68 per ons, setelah menyentuh 1.224,86 di awal sesi, tingkat terendah sejak 17 Maret. Logam mulia, yang terlihat sebagai tempat yang aman, turun 3,2 persen pekan lalu, persentase terbesarnya jatuh dalam 25 minggu karena ketidakpastian politik dalam pemilihan presiden Perancis.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Juni naik 20 sen menjadi menetap di $ 1,227.10 per ons.

Meredanya risiko politik yang terkait dengan saingan Macron, Marine Le Pen – yang telah bersumpah untuk membawa Prancis keluar dari euro – membuat investor memfokuskan kembali pada laju normalisasi kebijakan moneter di Eropa dan Amerika Serikat.

Bank Sentral Eropa diperkirakan memiliki lebih banyak ruang untuk memperketat kebijakan karena pemulihan ekonomi zona Eropa mengumpulkan kecepatan. Data Amerika Serikat pada hari Jumat menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja rebound tajam pada bulan April dan tingkat pengangguran turun menjadi 4,4 persen, mendekati level terendah 10 tahun, yang terlihat menguat untuk kenaikan suku bunga A.S. bulan depan.

Tingkat bunga yang lebih tinggi menekan permintaan emas tanpa bunga. Dolar yang lebih kuat juga membuat harga emas berharga dolar menjadi mahal untuk investor non-A.S. Pada perdagangan semalam dollar AS naik 0,42 persen.

Emas telah jatuh lebih dari 5 persen sejak mencapai level tertinggi lima bulan di $ 1,295.42 pada pertengahan April.

Hedge fund dan pengelola uang lainnya memangkas posisi net-long mereka di emas COMEX untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu, dalam minggu sampai 2 Mei, sementara mereka mengurangi posisi bullish mereka di perak ke level terendah sejak Januari, data pemerintah AS menunjukkan pada hari Jumat .

Perak spot turun 0,43 persen menjadi $ 16,23 per ons. Platinum 0,77 persen lebih tinggi pada $ 918,50 per ons, dan paladium 0,18 persen lebih rendah pada $ 810.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi lemah dengan kuatnya bursa Wall Street. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 1,225 – $ 1,223, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,229 – $ 1,231.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here