Optimisme Konsumen Indonesia April Naik Tertinggi Hampir 7 Tahun

851

Optimisme Konsumen Indonesia meningkat pada bulan April, dengan kondisi ekonomi terlihat membaik dalam beberapa bulan mendatang, demikian survei Bank Indonesia yang dirilis pada hari Selasa (09/05).

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Bank Indonesia membukukan hasil 123,7 pada bulan April, tertinggi sejak Juni 2000, menurut data Thomson Reuters. Hasilnya juga jauh melampaui pembacaan 121,5 di bulan Maret.

indonesia-consumer-confidence

Angka di atas 100 dalam survei menunjukkan konsumen optimis. Sekitar 4.600 responden dari 18 kota besar berpartisipasi dalam survei tersebut.

Survei tersebut menemukan bahwa konsumen memperkirakan kondisi ekonomi yang lebih baik dalam enam bulan ke depan, terutama didorong oleh peningkatan aktivitas bisnis dan pendapatan.

Konsumen yang terlibat dalam survei tersebut memperkirakan bahwa tekanan harga akan tetap tinggi dalam tiga bulan ke depan karena harga belum kembali normal setelah perayaan Idul Fitri dan masuk sekolah tahun ajaran baru.

Hasil survei Bank Indonesia juga mengindikasikan porsi pendapatan yang digunakan untuk tabungan meningkat pada April 2017 dibandingkan bulan sebelumnya. Meski demikian, kenaikan jumlah tabungan diperkirakan melambat pada 6 bulan mendatang.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here