Apa Dampak Trump Pecat Direktur FBI?

798

Presiden AS Donald Trump memecat Direktur FBI James Comey, demikian pernyataan dari juru bicara Gedung Putih Sean Spicer. Hal ini bisa mempengaruhi pasar AS, dan apa yang terjadi di pasar AS bisa berimbas ke pasar global.

Pemecatan Comey mempengaruhi pasar di AS. Kekuatiran guncangan di pemerintahan Trump membuat dollar AS melemah. Namun kekuatiran tersebut justru menguatkan harga emas.

Terpantau harga emas spot LLG menguat 0,32 persen pada $ 1,222.54. Sedangkan emas berjangka AS naik 0,57 persen pada $ 1,223.

Sedangkan indeks dollar AS terpantau melemah -0.24 persen.

Pemecatan ini juga memberikan pengaruh bagi pasar Asia pagi ini, yang bergerak sebagian besar positif merespon peristiwa tersebut, karena melihat lemahnya dollar AS.

Apa sebenarnya faktor yang menyebabkan pemecatan Comey?

Dalam surat kepada Comey, Trump mengatakan penting untuk menemukan kepemimpinan baru bagi FBI yang memulihkan kepercayaan publik dan kepercayaan diri dalam misi penegakan hukum.

Gedung Putih mengatakan segera memulai mencari pengganti Comey. Andrew McCabe, wakil direktur FBI, sementara ini bertindak sebagai direktur, seorang pejabat Departemen Kehakiman mengatakan kepada NBC.

Tiga pejabat senior FBI dan Departemen Kehakiman seperti yang disampaikan kepada NBC News mengatakan bahwa mereka tidak memiliki peringatan atau pengetahuan awal tentang pemecatan Comey. Beberapa pejabat yang berbicara dengan NBC mengenal Comey secara pribadi.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, sekretaris pers mengatakan presiden “menghentikan dan memindahkan” Comey dari jabatannya “berdasarkan rekomendasi yang jelas dari keduanya Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein dan Jaksa Agung Jeff Sessions.

Dalam sebuah memorandum berjudul “Memulihkan kepercayaan publik terhadap FBI,” Rosenstein mengatakan bahwa dia tidak dapat mempertahankan penanganan investigasi atas email Hillary Clinton.

“Direktur salah mencabut wewenang Kejaksaan Agung pada tanggal 5 Juli 2016, dan mengumumkan kesimpulannya bahwa kasus tersebut harus ditutup tanpa penuntutan. Bukanlah fungsi Direktur untuk membuat pengumuman semacam itu,” kata jaksa agung tersebut.

Musim panas yang lalu, Comey menyimpulkan bahwa “tidak ada biaya yang sesuai” dalam penyelidikan FBI terhadap Clinton. “Meski ada bukti adanya potensi pelanggaran terkait penanganan informasi rahasia, penilaian kami adalah tidak ada jaksa yang pantas membawa kasus semacam itu,” katanya pada bulan Juli.

Wakil jaksa agung mengacu pada surat Comey kepada Kongres, yang mengatakan FBI sedang menyelidiki sebuah kumpulan email tambahan yang terkait dengan penyelidikan Clinton. Comey kemudian mengumumkan bahwa FBI telah “tidak mengubah kesimpulannya” setelah meninjau email baru tersebut.

Mantan calon Demokrat tersebut telah mengutip surat Comey, datang lebih dari seminggu sebelum pemilihan presiden 2016, sebagai faktor penyebab kehilangannya.

Rosenstein mengatakan bahwa informasi semacam itu dapat diungkapkan dalam proses hukum, namun itu bukan sesuatu yang harus dilakukan “secara serampangan.”

Comey telah membela tindakannya, mengatakan bahwa dia hanya berusaha untuk tidak menyembunyikan keputusan FBI untuk menyelidiki email tambahan tersebut.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here