Bursa Eropa 10 Mei Tertekan, Pidato Draghi Akan Dicermati

449

Pasar Saham Eropa diperdagangkan sebagian besar tertekan hari Rabu (10/05) karena investor fokus pada pendapatan perusahaan terbaru dan dolar mengurangi kenaikan baru-baru ini di tengah meningkatnya ketegangan politik.

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,16 persen dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Indeks FTSE bergerak pada 7345.38, naik 3,17 poin atau 0,04%

Indeks DAX bergerak pada 12725.55, turun -23.57 poin atau -0.18%

Indeks CAC bergerak pada 5381.49, turun -16,52 poin atau -0,31%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10982.50, turun -66.70 poin atau -0.60%

Saham media termasuk di antara saham terburuk pada laporan pendapatan yang lebih buruk dari perkiraan. Penyiaran komersial ITV ini memimpin kerugian di sektor ini setelah mengatakan pendapatan iklan bersih bisa turun sebanyak 20 persen di bulan Juni. Saham perusahaan yang berbasis di Inggris itu turun hampir 2 persen.

Persediaan bahan bangunan dan bahan-bahan Eropa juga bergerak turun tak lama setelah dibuka hari Rabu. HeidelbergCement Jerman melaporkan laba operasional untuk tiga bulan pertama tahun ini telah berkontraksi 3 persen dibandingkan kuartal pertama 2016. Sahamnya tergelincir lebih dari 2,3 persen karena berita tersebut.

Di tempat lain, perusahaan perbankan Belanda ING Groep bergerak menuju puncak benchmark Eropa, didorong oleh laba sebelum pajak yang mendasari. Meskipun membukukan penurunan laba pada kuartal pertama, pemberi pinjaman terbesar Belanda berdasarkan aset mengatakan bahwa hal itu didukung oleh pertumbuhan pinjaman yang terus berlanjut dan pengendalian biaya yang baik. Sahamnya melonjak lebih dari 2,5 persen pada transaksi pagi.

Pasar muncul pada akhir Rabu setelah Presiden A.S. Donald Trump tiba-tiba memecat Direktur FBI James Comey dalam sebuah langkah yang mengejutkan Washington. Gedung Putih mengklaim penghentian tiba-tiba kontrak Comey pada Selasa malam atas penanganan email-email Hilary Clinton.

Sementara itu, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi akan menyampaikan pidato mengenai dampak kebijakan moneter. Kepala ECB akan berbicara kepada Parlemen Belanda sekitar pukul 12 waktu London pada hari Rabu.

Di Inggris, jaksa diharapkan mengumumkan apakah politisi dari partai Konservatif akan menghadapi tuduhan dugaan pelanggaran peraturan pengeluaran. The Crown Prosecution Service sedang mempertimbangkan file yang dikirim oleh polisi setelah penyelidikan di 27 konstituensi yang berbeda.

Di tempat lain, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson siap menyambut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov ke Washington pada hari Rabu. Ukraina, Suriah dan masalah bilateral antara A.S. dan Rusia akan dibahas.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS yang diindikasikan menurun. Jika terealisir akan menaikkan harga minyak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak kuat jika kenaikan harga minyak mentah terealisir. Pasar juga akan mencermati laporan laba emiten dan pidato Mario Draghi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here