Lowongan Pekerjaan AS Naik Sedikit di Bulan Maret

549
Vibizmedia Photo

Lowongan pekerjaan di AS secara tidak terduga naik sedikit, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, Selasa (09/05).

Pembukaan pekerjaan naik menjadi 5.743 juta di bulan Maret, naik dari bulan sebelumnya yang direvisi turun 5.682 juta.

Para ekonom memperkirakan bahwa lowongan pekerjaan turun menjadi 5,725 juta, menurut Bloomberg.

Laporan JOLTS menyentuh berapa banyak peluang yang tersedia serta laju PHK dan pengunduran diri di pasar tenaga kerja AS.

Laporan tersebut juga mencakup tingkat pemberhentian, salah satu indikator pasar tenaga kerja Federal Reserve Chair Janet Yellen yang disukai. Tingkat pemberhentian bertahan hingga 2,1% pada bulan Maret dari resesi pasca-tinggi 2,2% di bulan Januari.

Meskipun kata “berhenti” dilengkapi dengan sejumlah konotasi negatif, tingkat pemberhentian yang lebih tinggi benar-benar mengirimkan pesan tentang meningkatnya kepercayaan pekerja di pasar tenaga kerja.

Pemikirannya di sini adalah bahwa selama masa ekonomi yang baik, orang merasa nyaman berhenti bekerja karena mereka yakin bisa menemukan yang lain dengan cepat, atau karena mereka telah menemukan yang lain. Di sisi lain, ketika ada PHK selama kemerosotan ekonomi, beberapa merasa nyaman meninggalkan pekerjaan mereka.

Dengan mengambil gagasan itu selangkah lebih maju, beberapa ekonom telah menunjukkan bahwa tingkat pemberhentian cenderung sebagai indikator utama pertumbuhan upah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here