Bursa Tokyo 11 Mei Berakhir Naik Tipis; Saham Softbank Melompat 2 Persen

411
Photo by Vibizmedia

Bursa Tokyo berakhir turun pada hari Kamis (11/05), ditutup naik tipis 0,31 persen atau 61,46 poin menjadi ditutup pada 19,961.55. Bursa Saham Jepang naik ke level tertinggi sejak Desember 2015, dibantu oleh pendapatan kuat dari Softbank, sementara yen tetap berada di level terendah sejak Maret setelah turun dalam empat sesi terakhir.

Yen telah turun lebih dari 5 persen dalam waktu kurang dari sebulan, memicu rally di saham. Dolar AS diperdagangkan pada 114,14 yen, mendekati level tertingginya sejak pertengahan Maret.

Raksasa telekomunikasi SoftBank mengatakan keuntungan tahunan meningkat sebesar 13 persen pada tahun ini, namun mengalami kerugian derivatif sebesar $ 2,2 miliar. Saham perusahaan mengakhiri sesi 2,01 persen lebih tinggi.

Sementara itu, produsen mobil Jepang Toyota memperkirakan bahwa keuntungan untuk tahun ini akan turun 20 persen karena melambatnya penjualan A.S. dan kenaikan biaya pemasaran. Saham Toyota membalikkan kerugian di atas 1 persen selama sesi perdagangan ditutup menguat 0,69 persen pada posisi 6,123 yen.

Nomura mempertahankan “Buy” atas saham tersebut berdasarkan rencana pembelian kembali saham Toyota. Perusahaan telah mengumumkan akan membeli kembali 1,65 persen sahamnya.

Malam nanti akan dirilis data Jobless Claim yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Jepang akan bergerak lemah jika dollar AS terealisir melemah dan menguatkan Yen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here