Dollarnya Australia Ikutan Lemas Karena Tetangga Ambruk

714

Rebound kuat harga minyak mentah pasca laporan turunnya pasokan minyak mentah AS oleh EIA hanya berhasil pulihkan aussie dollar dalam satu hari perdagangan saja, pasalnya perdagangan sesi Asia hari Kamis (11/5) pair AUDUSD anjlok kembali  ke posisi terendah dalam 4 bulan.

Lihat: Harga Minyak Mentah Melonjak 3 Persen Pasca Laporan Penurunan Pasokan AS

Sekalipun harga minyak mentah di sesi Asia masih bergerak kuat, pair AUDUSD tertekan oleh sentimen anjloknya mata uang yang menjadi teman sejawatnya yaitu kiwi dollar ke posisi terendah dalam 11 bulan pasca kebijakan moneter RBNZ dan laporan inflasi negeri yang menjadi tetangga Australia.

Lihat: Dollar New Zealand (Kiwi) Anjlok Parah, Terjun ke 11 Bulan Terburuk

Namun pair dapat bergerak naik kembali jika harga minyak mentah masih terus menanjak yang mensupport kenaikan harga komoditas unggulan negeri tersebut seperti bijih besi dan tembaga. Demikian juga dengan posisi dollar AS yang terus tertekan karena profit taking dapat memberikan tenaga kuat bagi aussie.

Pergerakan kurs aussie  sesi Asia (11:28:46 WIB)  bergerak  negatif  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka menguat  pada  0.7367  awal  perdagangan sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir pada posisi 0.7343 dan sempat turun ke posisi  0.7332.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here