Harga Emas Retreat, Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga AS Masih Kuat

454
Harga Emas mereda dari posisi terendah delapan minggu pada akhir perdagangan Kamis dinihari (11/05) karena pemecatan Direktur FBI James Comey menekan pasar saham, namun ekspektasi kenaikan suku bunga A.S. meningkat.

Harga emas spot LLG tergelincir 0,20 persen menjadi $ 1,218.46 per ons, sementara emas berjangka A.S. untuk pengiriman Juni naik $ 2,80 untuk menetap di $ 1,218.90.

Bursa Saham Eropa turun dari level tertinggi 21 bulan dan dolar pada awalnya tergelincir karena kekhawatiran bahwa pemecatan Trump terhadap kepala FBI-nya dapat mempersulit Trump untuk mendorong rencana reformasi pajaknya.

Logam mulia tergelincir tajam dalam pekan lalu karena kekhawatiran tentang pemilihan Prancis bulan ini dan program nuklir Korea Utara memudar, tergelincir ke titik terendah sejak pertengahan Maret di $ 1.213,81 pada hari Selasa.

Trump mengaitkan keputusannya untuk memecat Comey, yang telah memimpin penyelidikan tentang kemungkinan kolusi kemungkinan kampanye Trump dengan Rusia selama pemilihan 2016, juga dalam penyelidikan atas email calon presiden Hillary Clinton.

Selain kegugupan atas pemecatan Comey, ketakutan yang terus berlanjut bahwa Korea Utara dapat bersiap menghadapi uji senjata lain yang dimasukkan ke dalam penghindaran risiko di pasar yang lebih luas, mendapat sedikit tekanan dari emas.

Namun keuntungan di emas tetap teredam karena ekspektasi pengetatan kebijakan moneter A.S. bulan depan mendukung dolar dan membebani emas.

Logam mulia sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga A.S., yang meningkatkan biaya kesempatan menahan emas yang tidak menghasilkan, sambil meningkatkan dolar, di mana harganya terjangkau.

Di antara logam mulia lainnya, perak menambahkan 0,25 persen menjadi $ 16,18 per ons, setelah meluncur ke posisi terlemah sejak 3 Januari di $ 16,01 pada hari Selasa. Platinum naik 1,07 persen pada $ 910,60, sementara paladium 0,38 persen lebih tinggi pada $ 799,22.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik dengan berbagai sentimen bullish seperti meningkatnya ketegangan terkait Korea Utara, juga dipecatnya Direktur FBI AS. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,220 – $ 1,222, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,216 – $ 1,214.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here