Harga Timah 12 Mei Naik 1 Persen; Mingguan Masih Positif

307

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan Jumat (12/05). Kenaikan harga timah terdukung pelemahan dollar AS semalam.

Dollar AS jatuh pertama kalinya dalam lima hari terhadap Yen Jumat dinihari pengaruh kekhawatiran investor pasca pemecatan direktur FBI oleh Presiden Donald Trump

Pelemahan dollar AS membuat harga timah yang dijual dalam mata uang dollar AS menjadi lebih murah, sehingga permintaannya meningkat.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 19.900 dollar per ton, naik sebesar 200 dollar atau 1,00 persen dari penutupan sebelumnya pada 19.700.

Untuk minggu ini harga timah masih positif, naik 0,3 persen. Kenaikan akhir pekan ini yang didukung pelemahan dollar AS berhasil mengatasi pelemahan awal pekan yang tertekan buruknya kondisi ekonomi Tiongkok. Sedangkan perdagangan selama 2 hari terakhir harga timah tidak berubah.

Malam nanti akan dirilis data Inflasi April yang diindikasikan stabil hingga menguat, data Retail Sales April yang diindikasikan menguat, data Michigan Consumer Sentiment Mei yang diindikasikan stabil. Jika data ekonomi terealisir positif akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah terbatas jika penguatan dollar AS terjadi. Harga akan menghadapi level Support di posisi 20.100 dollar dan 20.300 dollar. Akan tetapi jika terjadi penurunan, harga timah akan menghadapi level Support di 19.700 dollar dan 19.500 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here