Prospek Cerah Dollar AS di Akhir Pekan

438

Dalam pekan ini pergerakan dollar AS pada perdagangan sesi Asia selalu negatif oleh tekanan profit taking pasca bullish perdagangan sebelumnya. Demikian pada perdagangan sesi Asia hari Jumat (12/5) posisi dollar kembali retreat sekalipun perdagangan semalam penguatan mata uang utama dunia tersebut hanya tipis.

Namun secara fundamental pergerakan dollar memiliki prospek yang cerah, apalagi  pada sesi malam nanti akan dirilis data tingkat inflasi Amerika Serikat yang juga menjadi indikator kenaikan suku bunga Fed. Data tersebut diperkirakan meningkat melebihi data periode bulan sebelumnya yang alami deflasi.

Mengakhiri perdagangan semalam dollar AS menerima kekuatan dari rilis data klaim pengangguran periode pekan lalu yang menunjukkan  data positif dengan penurunan dari data periode sebelumnya. Selain itu juga masih menerima sentimen kuat dari ekspektasi kenaikan Fed rate pada bulan Juni.

Indeks dollar yang menunjukkan kekuatan dollar AS terhadap banyak rival utamanya di tengah perdagangan forex sesi Asia turun ke 99.60  setelah  posisi  awal  sesi  pagi tadi   pada  99.65 dan sempat mencapai posisi tinggi  di 99.68. Sebelumnya diakhir sesi AS, index naik di posisi 99,66.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here