Usaha Aussie Dollar Cetak Untung Mendapat Tantangan

361

Masuki perdagangan sesi Asia hari Jumat (12/5) nilai kurs aussie dollar kembali bergerak bullish melanjutkan laju perdagangan sebelumnya yang sempat tertekan oleh pelemahan kurs tetangganya. Rally harga minyak mentah masuki hari ketiga berturut akhir pekan ini memberikan tenaga kuat bagi AUDUSD untuk melanjutkan rally.

Perdagangan hari sebelumnya pair AUDUSD mendapat tekanan kuat dari pelemahan kurs kiwi dollar dalam pair NZDUSD yang anjlok akibat kebijakan moneter RBNZ, namun di tengah sesi Eropa bergerak bullish sesuai perkiraan analis oleh kuatnya gerak harga minyak mentah. Harga minyak mentah mendapat kekuatan rally dari laporan penurunan pasokan minyak mentah AS periode pekan pertama bulan Mei.

Lihat: Harga Minyak Mentah Naik 1 Persen, Didukung Penurunan Pasokan AS dan Kelanjutan Pemotongan OPEC

Untuk pergerakan selanjutnya di ujung perdagangan pekan ini, kekuatan sentimen harga minyak mentah dibayangi oleh kuatnya fundamental dollar AS yang akan bertambah kuat jika rilis data tingkat inflasi Amerika meningkat signifikan sesuai ekspektasi. Sehingga pair AUDUSD dapat saja terpangkas di sesi Eropa kekuatannya.

Pergerakan kurs aussie  sesi Asia (08:32:46 WIB)  bergerak  positif  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka menguat  pada  0.7378  awal  perdagangan sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir pada posisi 0.7384  dan sempat turun ke posisi  0.7368.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here