Bursa Eropa Akhir Pekan Menguat; Mingguan Mixed, Indeks FTSE dan DAX Masih Positif

499

Pasar Eropa ditutup menguat pada penutupan perdagangan akhir pekan hari Jumat (12/05) terbantu hasil positif laporan laba emiten.

Indeks FTSE berakhir pada 7435.39, naik 48,76 poin atau 0,66%

Indeks DAX berakhir pada 12770.41, naik 59,35 poin atau 0,47%

Indeks CAC berakhir pada 5405.42, naik 22.00 poin atau 0,41%

Indeks IBEX berakhir pada 10897.00, naik 35,60 poin atau 0,33%

Bursa utama Eropa bukukan hasil mixed pada minggu ini, terpicu meredanya pasar setelah euforia kemenangan Emmanuel Macron yang disukai di pasar setelah pemilihan presiden Prancis hari Minggu. Untuk minggu ini indeks FTSE naik 1,38 persen, indeks DAX naik 0,42 persen, indeks CAC turun 0,50 persen, indeks IBEX anjlok 2,14 persen.

Pan-European Stoxx 600 ditutup sedikit lebih tinggi, meski sektor tetap mixed.

Saham media adalah salah satu pemain terbaik, mendorong lebih tinggi pada laporan kelompok media Prancis, Vivendi, telah mendekati Havas dengan sebuah tawaran indikatif untuk mengakuisisi saham Group Bollore di periklanan dan hubungan masyarakat yang berbasis di Paris. Akibatnya, saham Havas meroket naik lebih dari 9 persen, sementara saham Vivendi bergerak lebih dari 4 persen lebih tinggi.

Sementara itu, telekomunikasi dan perawatan kesehatan juga berakhir naik pada hari Jumat, masing-masing naik 2 persen dan 1 persen.

Perusahaan farmasi AstraZeneca mengakhiri perdagangan lebih dari 9 persen lebih tinggi menyusul kabar bahwa pihaknya telah berhasil menerapkan obat kanker baru. Sementara itu, penyedia layanan internet Jerman, United Internet, ditutup di puncak benchmark setelah melaporkan rencana untuk mengakuisisi saham mayoritas di Drillisch untuk menciptakan penantang yang lebih kuat bagi perusahaan telekomunikasi domestik lainnya di Jerman. Sahamnya ditutup naik hampir 14 persen lebih tinggi pada hari Jumat.

Di sisi lain, sumber daya dasar terlihat lebih rendah, turun 1,5 persen, karena harga minyak yang terus turun dan membebani sektor ini.

Richemont melaporkan hasil yang lebih buruk dari perkiraan pada hari Jumat di mana perusahaan yang berbasis di Jenewa mengatakan bahwa lingkungan perdagangan yang volatile telah menyebabkan keuntungan bersihnya tergelincir lebih dari yang diantisipasi. Namun, kelompok barang mewah terbesar kedua di dunia ini mencatat kenaikan pertumbuhan penjualan menjelang akhir tahun fiskal, sebagian besar disebabkan oleh perbandingan yang lebih mudah dan dukungan dari pemulihan berkelanjutan di daratan Tiongkok, Reuters melaporkan. Ini berakhir hari turun 5 persen.

Di seberang Atlantik, saham A.S. diperdagangkan mixed, terseret oleh pendapatan ritel.

Kantor Statistik Federal Jerman menerbitkan data produk domestik bruto (PDB) sementara pada hari Jumat yang menunjukkan ekonomi terdepan di Eropa tumbuh sebesar 0,6 persen pada kuartal pertama.

Harga minyak stabil pada hari Jumat karena investor mengantisipasi pemotongan pasokan yang dipimpin oleh OPEC setelah akhir tahun ini. Kelompok 13 anggota tersebut diperkirakan akan mengumumkan apakah pengurangan produksi akan berlanjut pada pertemuannya pada 25 Mei.

Di tempat lain pada pertemuan G-7 di Italia, Menteri Keuangan A.S. Steven Mnuchin menekankan kegembiraan pemerintahan Trump setelah AS dan Tiongkok mengumumkan serangkaian tindakan perdagangan yang bertujuan memperbaiki keseimbangan perdagangan antara Washington dan Beijing. Agenda pertemuan resmi G-7 berfokus pada ketidaksetaraan, undang-undang perpajakan, keamanan dunia maya dan mencegah pendanaan terorisme.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here