Bursa Seoul 15 Ditutup Naik, Pasar Harapkan Pemerintahan Baru Yang Lebih Baik

423
indeks kospi

Bursa saham Seoul berakhir menguat pada sesi penutupan perdagangan hari ini. Indeks Kospi ditutup naik 4,63 poin, atau 0,20 persen, pada level 2290,65. Volume perdagangan mencapai 248 juta saham, dengan nilai 4,58 triliun won atau setara 4,07 miliar dolar A.S.

Penguatan indeks didorong aksi pembelian oleh individual atau institusi dengan meraup saham-saham kapital besar, yang diimbingi juga aksi penjualan oleh asing, di tengah ketidakpastian baik di dalam maupun di luar negeri.

Pasar saham lokal diperkirakan akan terus mengalami momentum kenaikan yang didukung oleh pendapatan perusahaan yang baik dan harapan pada kebijakan pemerintah yang baru.

Sebagaian besar saham-saham alami kenaikan, seperti Samsung Electronics yang naik 0,61 persen, SK Hynix naik 0,54 persen, Samsung Life Insurance naik 4,24 persen.

Sedangkan saham di sektor otomotif ditutup mixed dengan produsen mobil Hyundai Motor yang turun 0,65 persen, Kia Motors naik 0,82 persen.

Mata uang lokal ditutup pada 1.123,60 won terhadap dolar A.S, naik 3.80 won dari penutupan sesi sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Seoul akan bergerak naik dengan harapan lebih baik pada pemerintahan yang baru. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah. Indeks diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 2.261-2.240, dan jika harga meningkat akan bergerak dalam kisaran Resistance 2.303-2.320.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here