Bursa Shanghai15 Mei Ditutup Rally Masuki Hari Ketiga Berturut

338
indeks shanghai

Perdagangan bursa  saham Shanghai berhasil naik pada penutupan perdagangan Senin (15/05) dengan peningkatan indeks sebesar 6,72 poin, atau 0,22 persen, pada level 3090,23. Usaha indeks untuk keluar dari jurang terendah dalam 7 bulan yang terjadi pekan lalu masih terus berlanjut.

Sentimen kebijakan pemerintah yang menyatakan bahwa risiko di sektor perbankan sepenuhnya tekendali, dan pasar tidak perlu cemas pasca   kekhawatiran pasar akan kebijakan pengetatan  keuangan dan likuiditas beberapa waktu lalu.

Rilis data ekonomi hari ini dirilis kurang menggembirakan dengan data produksi industri yang turun dari periode bulan sebelumnya dan juga ekspektasi serta data investasi yang menurun periode bulan April seperti dilaporkan Kantor Statistik Nasional Tiongkok awal sesi.

Penguatan indeks hari ini paling banyak disupport oleh kekuatan saham sektor  konsumen merespon laporan data Retail Sales Tiongkok bulan April. Lalu untuk sektor yang memberi tekanan kuat yaitu saham perawatan kesehatan .

Saham-saham keamanan cyber juga masih menjadi sorotan. Setelah serangan cyber global akhir pekan lalu, dengan lebih dari 10 saham di sektor ini, termasuk Venustech Group, Bluedon Information Security Technologies, dan Nsfocus Information Technology yang melonjak dengan batas 10 persen secara harian.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Shanghai akan bergerak mixed pada perdagangan esok hari oleh tarik menarik sentimen kenaikan harga minyak mentah dan juga profit taking investor lokal. Indeks Shanghai diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 2992-2897, namun jika harga bergerak naik akan menguji kisaran Resistance  3192-3287.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here