Indeks Shanghai 16 Mei Dibuka Jatuh, Saham Midea Merosot 1,5 Persen

298
indeks shanghai

Saham Tiongkok hari ini (16/05) dibuka jatuh untuk pertama kalinya dalam empat hari, setelah pemegang saham utama produsen peralatan rumah menjual sahamnya di Midea Group, dan perusahaan industri lainnya ikut menurun.

Indeks Shanghai turun -10,49 poin, atau -0,34 persen, pada level 3079,74. Di awal perdagangan dibuka pada level 3082,87.

Midea, perusahaan peralatan rumah terbesar di Tiongkok kehilangan 1,5 persen, setelah data menunjukkan perusahaan telah menjual 32,3 juta saham pada perdagangan hari Jumat.

Gree Electric, produsen AC terbesar di negara itu juga turun 1,1 persen. Xinjiang Tanshan Cement memimpin saham industri melemah karena investor menurunkan saham menyusul selesainya pertemuan dua hari “Belt and Road Initiative” di Beijing. Saham tersebut jatuh 6,5 persen.

Tampaknya kekhawatiran investor terhadap kebijakan pengetatan peraturan dan pembatasan properti baru masih membayangi pergerakan di bursa saham ini, meski pemerintah sudah menyatakan bahwa risiko di sektor perbankan sepenuhnya tekendali, dan pasar tidak perlu cemas.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Shanghai akan bergerak lemah dengan investor masih berhati-hati mencermati kebijakan regulator pasar keuangan Tiongkok, juga masih lemahnya data ekonomi domestik. Indeks Shanghai diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 2976-2877, namun jika harga bergerak naik akan menguji kisaran Resistance  3176-3275.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here