Pertumbuhan Ekonomi Q1-2017 Italia Stagnan

381

Perekonomian Italia mencatat pertumbuhan moderat sejalan dengan ekspektasi pada kuartal pertama dan terus mengalami penurunan di antara negara zona euro, demikian data menunjukkan pada hari Selasa (16/05).

Produk domestik bruto (PDB) naik 0,2 persen dari tiga bulan sebelumnya, lembaga statistik nasional ISTAT melaporkan, tingkat moderat yang sama seperti pada kuartal terakhir tahun 2016.

italy-gdp-growth

Secara tahunan, PDB naik hanya 0,8 persen, melambat dari kenaikan 1,0 persen pada kuartal keempat tahun lalu.

Data menunjukkan ekonomi terbesar ketiga zona Eropa ini, setelah resesi panjang yang berakhir pada 2014, masih berjuang untuk membangun momentum pertumbuhan yang cukup untuk secara signifikan memperbaiki standar hidup atau mengurangi tingkat pengangguran.

Tingkat pertumbuhan PDB triwulanan dan tahunan di kuartal pertama sejalan dengan perkiraan rata-rata dalam survei Reuters terhadap 24 analis.

ISTAT mengatakan pertumbuhan didukung oleh permintaan domestik pada kuartal pertama, sementara arus perdagangan merupakan hambatan dalam aktivitas.

Ini tidak memberi rincian komponen secara numerik dengan perkiraan awalnya, namun industri telah mengalami kontraksi, sementara layanan dan pertanian positif.

Sepanjang tahun lalu, ekonomi Italia tumbuh 0,9 persen, sekitar setengah dari tingkat rata-rata 19 negara zona Eropa, menyusul pertumbuhan 0,8 persen pada tahun 2015.

Kinerja buruknya dibandingkan dengan rekan-rekannya terus berlanjut di kuartal pertama, ketika zona Eropa secara keseluruhan tumbuh sebesar 0,5 persen, menurut data agregat awal yang dirilis pada 3 Mei.

Untuk tahun 2017 pemerintahan Perdana Menteri Paolo Gentiloni memperkirakan pertumbuhan Italia sebesar 1,1 persen, sedikit di atas proyeksi badan-badan independen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here