Preview Data Industri dan Perumahan Amerika Bulan April

412

Pergerakan dollar AS di pasar spot internasional terhadap banyak mata uang utama global lainnya seperti euro, poundsterling, yen dan aussie hingga perdagangan sesi Amerika malam nanti akan dipengaruhi oleh beberapa data ekonomi AS yang penting seperti data produksi industri dan data pembangunan rumah periode bulan April lalu.

Untuk data produksi industri, pada bulan Maret 2017 data industri ini  meningkat 0,5% secara bulanan, namun produksi pabrik inti (kendaraan baru dan spare part) turun 0,2%.Kenaikan di bulan Maret tersebut merupakan  kenaikan terbesar kedua dalam tahun ini.

United States Industrial Production MoM

Namun untuk periode bulan keempat tahun ini, data diatas diperkirakan akan menurun dari posisi kenaikan bulan Maret. Perkiraan penurunan data dipicu turunnya produksi manufaktur bulan Maret yang dipicu oleh penurunan produksi otomotif. Selain itu juga survey Markit untuk PMI Manufaktur AS pada bulan April lalu turun dari bulan sebelumnya, penurunan 4 bulan berturut.

Untuk data pembangunan rumah di Amerika Serikat bulan April diperkirakan meningkat sekalipun data ijin pembangunan diperkirakan menurun, pasalnya data ijin pembangunan rumah relatif stabil setiap bulannya. Rumah yang dibangun pada bulan April diperkirakan meningkat meningkat ke tingkat tahunan 1260K dari 1215K di bulan sebelumnya. Sedangkan untuk izin bangunan (building permits) di bulan April diperkirakan sedikit penurunan sebesar 0,9% secara bulanan menjadi 1255K dari 1267K pada bulan sebelumnya.

Bagaimana sikap pasar meresponi data ekonomi yang mixed ini ? Diperkirakan dollar dapat saja tertekan semakin kuat oleh data produksi industri yang mengecewakan pasar, dan dapat menurunkan harapan kenaikan Fed rate pada bulan Juni nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here