Rupiah Selasa 16 Mei Ditutup Menguat Tipis

519

Kekuatan rupiah di pasar spot hingga perdagangan sesi Eropa dan diakhir pasar valas Indonesia terbatas mengalahkan dollar AS. Penguatan rupiah sepanjang hari Selasa (16) terbatas sekalipun posisi dollar sedang dalam tekanan terhadap banyak mata uang dunia lainnya.

Penguatan tipis rupiah terhadap dollar AS sepanjang hari  masih mampu memberikan semangat bagi investor asing untuk melakukan transaksi beli saham dengan banyak  sehingga net buy yang terpantau di papan bursa  sebanyak Rp438 miliar lebih. Namun dukungan modal investor asing tersebut tidak mapu angkat  IHSG yang ditutup  turun cukup signifikan.

Lihat: IHSG 16 Mei Ditutup Turun, Namun Raih 438 Miliar Dana Asing

Pergerakan kurs Rupiah di pasar spot sore ini bergerak  positif dengan posisi menguat 0,02%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13300/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13298/US$. Kuatnya rupiah sepanjang hari sejalan dengan penguatan yang dilakukan BI terhadap kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari, analyst Vibiz Research Center memperkirakan masih mampu bergerak positif oleh suramnya usaha  dollar AS untuk rebound terhadap banyak  rivalnya  hingga akhir perdagangan sesi Amerika.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here