Upaya Rally Euro 16 Mei Capai Rekor Tinggi Sebelumnya

279

Setelah terjun dari posisi tertinggi 61/2 bulan terhadap dollar pada perdagangan pekan lalu, pekan ini kurs euro dalam pair EURUSD berusaha rally mencapai posisi puncak tinggi tersebut. Kondisi tersebut sudah dimulai pada perdagangan awal pekan (15/5), dimana pair mencetak rally pertama pekan ini merespon bearishnya dollar AS dan juga beberapa data ekonomi kawasan euro. Dan rally tersebut berlanjut masuki perdagangan sesi Asia hari Selasa (16/5) untuk hari ke-3 berturut.

Pada perdagangan awal pekan tidak ada data ekonomi yang memberikan sinyal kuat, hanya data minor dari laporan PDB Portugal yang meningkat dan laporan inflasi Italia yang meningkat melebihi perkiraan pasar sebelumnya.

Untuk pergerakan selanjutnya secara teknikal menerima sinyal yang negatif, namun secara fundamental EURUSD sepanjang hari menerima tenaga kuat dari banyak rilis data ekonomi yang positif seperti data inflasi Perancis, data prelim PDB Q1 Italia, data flash PDB Euro Q1 data ZEW economic sentiment Jerman.

Pergerakan pair EURUSD  sesi Asia (09:10:21 WIB)  bergerak kuat setelah  dibuka sedikit  lebih tinggi pada posisi   1.0975  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  EURUSD kini bergulir naik di posisi 1.0985  yang bersiap menuju posisi resisten kuat hariannya pada posisi 1.0995. Jika tembus lanjut ke posisi upper BB5 di posisi 1.1030 dan jika tidak tembus  pair dapat terjadi koreksi negatif ke posisi awal sesi sebelum turun lagi menuju support kuatnya di 1.0930.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here