Inflasi April Zona Eropa Meningkat

365

Pembacaan inflasi Zona Eropa akhir untuk bulan April dikonfirmasi sebesar 1,9%, sejalan dengan tingkat awal, dan meningkat dibandingkan dengan tingkat 1,5% bulan sebelumnya. Demikian rilis Rabu (17/05).

euro-area-inflation-cpi

Tingkat inflasi inti meningkat 1,2% dari 0,7% sebelumnya dengan kedua angka tersebut sejalan dengan ekspektasi konsensus.

euro-area-core-inflation-rate

Tingkat inti di atas 0,7% merupakan rekor untuk April 2016 dan pembacaan terkuat sejak 2013.

Harga energi naik 7,6% pada tahun ini dibandingkan dengan 7,4% sebelumnya dengan harga makanan dan minuman naik 1,5% pada tahun ini dari 1,8% sebelumnya.

Kenaikan keseluruhan barang industri di luar sektor energi bertahan stabil di 0,3%.

Tingkat inflasi sektor jasa meningkat tajam menjadi 1,8% dari 1,0% sebelumnya dan dibandingkan dengan 0,9% yang tercatat pada bulan April 2016.

ECB akan tetap sangat berhati-hati seputar prospek inflasi. Telah mengulangi bahwa kenaikan jangka pendek pada inflasi yang dipicu oleh kenaikan harga energi akan terus berlanjut dan bank sentral juga khawatir bahwa masih belum ada bukti kenaikan inflasi yang terus berlanjut.

Data untuk Mei akan sangat penting menjelang pertemuan penting ECB di bulan Juni. Jika tidak ada penurunan inflasi yang signifikan bulan depan, tekanan bagi bank sentral untuk memberi sinyal pergeseran kebijakan moneter akan meningkat sementara penurunan tajam pada inflasi akan memperkuat kehati-hatian ECB atas kebijakan moneter.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here