Pertumbuhan Ekonomi Q1-2017 Rusia Naik Tipis

452

Perekonomian Rusia terus meningkat secara moderat pada kuartal pertama 2017, tumbuh 0,5 persen dari tahun ke tahun, data awal dari Federal Statistics Service ditunjukkan pada hari Rabu (17/05).

Tidak jelas apa yang mendorong pertumbuhan ekonomi pada periode Januari-Maret sebagai layanan statistik, Rosstat, hanya mengungkapkan rincian data dengan jeda waktu.

russia-gdp-growth-annual

Produk domestik bruto (PDB) kembali tumbuh pada kuartal keempat, meningkat sebesar 0,3 persen setelah kontraksi yang terutama disebabkan oleh penurunan harga minyak dan sanksi Barat atas peran Rusia dalam krisis Ukraina.

Tanda-tanda pemulihan telah mendorong pejabat Rusia untuk berjanji ekonomi akan tumbuh 2 persen tahun ini, sesuatu tentang para ahli independen yang skeptis. Jajak pendapat Reuters terbaru analis dan ekonom memperkirakan PDB akan tumbuh 1,1 persen tahun ini.

Investor juga mempertanyakan keakuratan angka PDB Rusia setelah Rosstat mencatat kontraksi PDB hanya 0,2 persen tahun lalu, jauh lebih dangkal dari perkiraan, sementara merevisi kontraksi 2015 menjadi hanya 2,8 persen dari 3,7 persen awal.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here