Penjualan Ritel April Inggris Rebound Melebihi Perkiraan

379

Penjualan ritel Inggris naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan April karena cuaca yang bagus mendorong warga Inggris untuk berbelanja secara royal untuk rumah dan kebun mereka.

Volume barang yang dijual di toko-toko dan online meningkat 2,3 persen setelah penurunan 1,4 persen pada bulan Maret, Kantor Statistik Nasional mengatakan pada hari Kamis (18/05). Ekonom memperkirakan kenaikan 1,1 persen. Inflasi harga toko rata-rata melambat.

united-kingdom-retail-sales

Data tersebut menunjukkan belanja konsumen, andalan pertumbuhan ekonomi, bertahan dalam menghadapi kenaikan biaya makanan dan bahan bakar. Penjualan ritel telah menurun untuk kuartal pertama dalam tujuh tahun dalam tiga bulan sampai Maret.

Inflasi dipercepat pada laju tercepat sejak September 2013 di bulan April dan pekerja melihat pendapatan riil mereka turun untuk pertama kalinya dalam 2,5 tahun. Itu mungkin mulai membatasi kekuatan harga, karena kenaikan harga toko tahunan melambat menjadi 3,1 persen dari 3,3 persen.

Penjualan ritel naik 4 persen dibanding tahun sebelumnya. Penjualan di luar bahan bakar otomatis naik 2 persen pada bulan tersebut. Kenaikan tersebut didorong oleh semua sektor kecuali department store dan pakaian.

united-kingdom-retail-sales-annual

Cuaca yang lebih baik terutama mendorong permintaan barang-barang perangkat keras dan rumah tangga, ONS mengatakan. Angka-angka disesuaikan untuk waktu Paskah yang lebih lambat dari biasanya.

Gubernur Bank of England Mark Carney pekan lalu mengatakan bahwa inflasi akan bergerak lebih cepat dari perkiraan sebelumnya tahun ini sebelum mereda pada 2018 karena ekonomi melambat. Dia memperingatkan masa-masa sulit bagi konsumen.

Sebagian rumah tangga telah membiayai pengeluaran mereka dengan menghemat lebih sedikit dan meminjam lebih banyak, mengambil keuntungan dari rekor suku bunga rendah. Mereka mungkin merasa kurang bersedia untuk terus melakukan hal itu karena pendapatan gagal mengikuti inflasi.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here