Rupiah Kamis 18 Mei Masih Dibuka Merah

233

Kekuatan rebound dollar AS terhadap banyak mata uang utama dunia menjalar kepada mata uang kawasan Asia, sehingga menekan banyak kurs Asia termasuk rupiah. Membuka perdagangan spot hari Kamis (18/5) rupiah dibuka melemah dari perdagangan sebelumnya, yang juga diberatkan oleh sikap BI yang kembali melemahkan kurs referensinya.

Pergerakan rupiah yang negatif terhadap dollar AS  tidak mengurangi  semangat investor asing  untuk setor modalnya  ke bursa saham sehingga  tercetak net buy sebesar Rp99 miliar lebih. Support modal  investor asing tersebut berusaha menolong  IHSG yang dibuka melemah hari ini.

Lihat: IHSG 18 Mei Dibuka Lemah Terganjal Kemerosotan Bursa Global dan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi terkini melemah 0,12%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13339/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13331/US$. Dan untuk kurs jisdor BI tetapkan lebih lemah menjadi 13343 dari 13306 perdagangan sebelumnya.

Untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot selanjutnya  berpotensi melemah oleh kuatnya  dollar AS menekan pasar valas kawasan Asia. Sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13360 dan  resistance di 13330.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here