Tingkat Pengangguran Perancis Q1-2017 Turun Terendah 5 Tahun

364

Tingkat pengangguran Prancis telah jatuh ke tingkat terendah sejak 2012, turun menjadi 9,6 persen pada kuartal pertama dari 10 persen pada kuartal keempat tahun lalu.

Pengangguran telah menjadi tekanan bagi ekonomi Prancis, di mana tingkat pengangguran telah naik di atas rata-rata zona Eropa dan jauh di atas tingkat rekor rendah di Jerman sekitar 3 persen.

france-unemployment-rate

Pasar tenaga kerja Prancis diperhadapkan dengan guncangan kuat bagi presiden baru Emmanuel Macron, yang telah berjanji untuk meringankan beban tenaga kerja yang berat di negara tersebut.

Setelah memenangkan kemenangan komprehensif dalam pemilihan awal bulan ini, Macron pada hari Rabu menunjuk Bruno Le Maire sebagai menteri ekonomi barunya, yang merupakanposisi presiden berusia 39 tahun ini di bawah pemerintahan Prancis sebelumnya.

Meskipun ketidakpastian pasar menjelang pemilihan presiden, pemulihan ekonomi Prancis telah bertahan dengan baik sepanjang tahun ini, dengan ukuran aktivitas sektor swasta pada tingkat tertinggi empat tahun.

Pengangguran turun 115.000 pada kuartal pertama menjadi 2,7 juta, menurut kantor statistik negara tersebut, sementara tingkat lapangan kerja keseluruhan tetap tidak berubah pada level 64,7 persen. Sebuah ukuran pekerjaan sektor swasta, sementara itu, telah mencapai titik tertinggi sejak krisis keuangan di tahun 2008.

Tingkat lapangan kerja yang tidak berubah akan menimbulkan kekhawatiran bahwa ekonomi Prancis tidak menciptakan lapangan kerja yang cukup untuk menyebabkan penurunan pengangguran yang berkelanjutan. Tingkat pengangguran pemuda Prancis juga tetap tinggi setinggi 21,9 persen – tertinggi keenam di zona Eropa.

Rencana Macron untuk memperbaiki undang-undang perekrutan dan pemecatan Prancis, termasuk mengizinkan perusahaan untuk menegosiasikan kesepakatan pembayaran tertentu, telah mendapat perlawanan dari kelompok serikat pekerja.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here