Kekuatan Dividen RANC Angkat Saham dari Posisi Terburuk 14 Bulan

217

Pergerakan saham PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) pekan ini ambruk ke posisi terendah dalam 14 bulan, dan setelah perseroan mengumumkan akan membagikan dividen tahun ini dalam RUPS hari Kamis (18/5) saham melompat naik ke posisi tertinggi 10 hari. Namun masuki perdagangan akhir pekan hari Jumat (19/5) saham anjlok kembali oleh profit taking.

Pembagian dividen telah membuat pasar gembira karena tahun sebelumnya perseroan tidak dapat membagikan dividen. Tahun lalu tidak dibagikan dividen karena kinerja keuangan perseroan di tahun 2015 merugi sedangkan tahun 2016 berhasil cetak untung. Laba RANC sepanjang tahun 2016 Rp39,6 miliar yang didapat dari meningkatnya penjualan sebesar 7,7% menjadi Rp 2,06 triliun.  Sesuai hasil  RUPS dividen akan dibagikan sebanyak Rp. 7.822 miliar atau sebesar Rp.5 setiap sahamnya.

Untuk pergerakan sahamnya pada  perdagangan bursa saham  hari Jumat  (19/5) saham RANC dibuka flat pada posisi  420 dan kemudian  saham bergerak melemah ke posisi terendah 386.  Saham habis diperdagangkan dengan  volume   mencapai 3889 lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham RANC  sebelumnya bergerak bullish  dengan  indikator MA  masih turun dan indikator Stochastic berusaha naik dari dasar area jenuh jual mendekati area jenuh beli di area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar, dan +DI  bergerak naik  menunjukan pergerakan RANC rawan koreksi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasai trading selanjutnya wait and see.

Herwantoro/VMN/VBN/ Journalist at Vibiznews.com
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here