Skandal Politik Brasil Bangkitkan Keuntungan Safe Haven Yen 19 Mei

267

Jelang akhir perdagangan sesi Asia hari Jumat (19/5), kurs yen berhasil bertahan bergerak kuat setelah awal perdagangan dibuka melemah melanjutkan profit taking perdagangan sebelumnya. Yen menguat oleh bangkitnya sentimen perdagangan safe haven pasca tekanan skandal politik Brasil yang menekan kuat perdagangan bursa saham sesi Asia.

Profit taking yang dialami yen perdagangan sebelumnya terjadi oleh reboundnya dollar AS dalam pair USDJPY yang bangkit dari posisi terburuk dalam 17 hari. Pair rebound terangkat oleh meningkatnya yield atau imbal hasil obligasi Amerika Serikat pasca positifnya rilis data klaim pengangguran dan indeks Philly Fed Manufactur.

Pasar sedang mencermati kondisi politik di Brasil yang membuat perdagangan valas dan bursa setempat anjlok parah. Pasar keuangan negeri samba tersebut tertekan skandal korupsi Presiden Brasil Michel Temer.

Pergerakan pair USDJPY  sesi Asia (11:00:21 WIB)  bergerak lemah  setelah  dibuka  lebih tinggi  pada posisi   111.51  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  USDJPY kini   bergulir   turun pada posisi 111.38 yang sempat mencapai  posisi  terendah di 111.10.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal, pair USDJPY masih mendapat sinyal positif untuk bergerak turun kembali ke posisi support kuatnya.  Namun terpantau pair berusaha rebound menuju posisi MA5 di 112.02, dan jika tidak tembus pada sesi Eropa berpotensi turun terus ke 110.45.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here