Bursa Eropa 22 Mei Bergerak Mixed; Saham Clariant dan Aegon Melonjak

385

Pasar Saham di Eropa bergerak mixed pada Senin (22/05) karena investor mencerna merger multi-miliar dolar di industri bahan kimia dan kunjungan pertama Presiden AS Donald Trump ke luar negeri.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik tipis 0,12 persen dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif. Saham sumber daya dasar memimpin kenaikan pada awal perdagangan, naik lebih dari 1 persen, karena buersa berjangka baja Tiongkok mendekati lonjakan 6 persen pada hari Senin.

Indeks FTSE bergerak pada 7496.47, naik 25,76 poin atau 0,34%

Indeks DAX bergerak pada 12595.66, turun -43.03 poin atau -0.34%

Indeks CAC bergerak pada 5324.68, naik 0,28 poin atau 0,01%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10788.10, turun -47.30 poin atau -0.44%

Saham kimia juga sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan menyusul penggabungan antara Huntsman Corporation dan Clariant dari Swiss. Kesepakatan itu menciptakan raksasa kimia senilai $ 14 miliar. Yang terakhir adalah saham dengan performa terbaik di benchmark Eropa, naik hampir 7 persen.

Saham asuransi Aegon mencapai puncak benchmark Eropa, naik 8 persen, setelah setuju untuk menjual beberapa bisnis A.S. untuk meningkatkan neraca keuangannya.

Perusahaan manufaktur Lafargeholcim telah menunjuk Jan Jenisch sebagai chief executive officer barunya, yang mengirim saham perusahaan tersebut 4 persen lebih tinggi pada transaksi awal.

Sebaliknya, saham perusahaan biopharma UCB turun 13 persen. Ini mengikuti berita bahwa ia memulai fase kedua dari studi klinis terhadap perawatan asma biologis inhalasi.

Presiden AS Donald Trump akan mengunjungi Yerusalem di mana dia diharapkan bertemu dengan para pemimpin Israel dan Palestina.

Akhir pekan ini, Trump akan bertemu anggota NATO di Brussels. Menurut Wall Street Journal, kepala negara akan mendukung Trump untuk pengeluaran pertahanan yang lebih tinggi. Mereka sepakat untuk menyajikan rencana rinci tentang bagaimana mereka akan mencapai 2 persen dari kontribusi produk domestik bruto terhadap aliansi tersebut.

Sementara itu, menteri keuangan zona Eropa dijadwalkan bertemu Senin ini di Brussels – sebuah pertemuan yang bisa mencakup beberapa pembicaraan mengenai keringanan hutang untuk Yunani. Selama akhir pekan, Presiden Prancis Emmanuel Macron menekankan komitmennya untuk mempromosikan kawasan eropa yang lebih dekat pada sebuah pertemuan dengan Perdana Menteri Italia Paolo Gentiloni.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mixed mencermati berita sentimen emiten dan meredanya kekuatiran gejolak politik pemerintahan Presiden AS Donald Trump. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here