Bursa Tokyo 22 Mei Berakhir Lebih Tinggi; Saham Softbank Naik 2%

253
indeks nikkei

Sesi akhir perdagangan di bursa saham Tokyo ditutup lebih tinggi pada hari Senin (19/05), dengan sentimen kenaikan ini didorong oleh kinerja saham sektor asuransi, keuangan dan investasi, juga pertambangan. Indeks Nikkei membukukan kenaikan 87,52 poin, atau 0,45 persen, di level 19.678,28.

Tren ini mengikuti kenaikan di bursa saham A.S., namun pelemahan dolar dan gejolak politik A.S. membuat investor cemas dan gerakan keuntungan menjadi terbatas di pasar.

Pada akhir perdagangan, tercatat saham SoftBank Group menguat lebih dari 2 persen, dan menambahkan 20 poin positif ke indeks Nikkei setelah mengumpulkan lebih dari 93 miliar dolar A.S. untuk berinvestasi di sektor teknologi dengan dana kekayaan utama Arab Saudi.

Kinerja saham exportir bergerak mixed, karena dolar masih tetap bertahan, dengan penguatan 0,2 persen, menjadi 111,43 yen.

Saham Toyota Motor Corp naik tipis 0,4 persen, Nissan Motor Co turun 0,2 persen, sementara itu Panasonic Corp turun 0,1 persen.

Sektor pertambangan mengungguli pasar karena harga minyak naik, didukung oleh laporan bahwa penurunan pasokan oleh OPEC tidak hanya akan diperluas sampai tahun depan, tetapi mungkin juga diperpanjang untuk memperketat pasar dan menaikan harga lebih tinggi.

Esok hari akan dirilis data Nikkei Manufacturing PMI yang diperkirakan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Nikkei akan bergerak positif jika data manufaktur terealisir menguat dan potensi kenaikan bursa Wall Street setelah meredanya kekuatiran gejolak politik di AS.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here