Bursa Eropa 23 Mei Bergerak Kuat Terbantu Data Ekonomi Positif

364

Bursa Eropa berbalik menguat pada hari Selasa (23/05) karena investor mencerna data ekonomi baru di zona Eropa mengatasi berita tentang insiden ledakan yang diduga sebagai aksi teroris di Inggris Raya.

Indeks FTSE bergerak pada 7510.63, naik 14,29 poin atau 0,19%

Indeks DAX bergerak pada 12695.26, naik 75.80 poin atau 0,60%

Indeks CAC bergerak pada 5364.69, naik 41,81 poin atau 0,79%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10916.50, naik 123,10 poin atau 1,14%

Indeks Pan-European Stoxx 600 adalah 0,28 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor dan bursa utama bergerak di wilayah positif. Ini menyusul data ekonomi yang menunjukkan zona Eropa menjaga tingkat pertumbuhan yang kuat. PMI komposit flash Mei berdiri di 56,8, sama dengan enam tahun tertinggi yang terdaftar di bulan sebelumnya.

Secara khusus, sektor swasta Prancis naik ke level tertinggi enam tahun di bulan Mei yang didukung oleh pemilihan Presiden Emmanuel Macron.

Saham otomotif terdongkrak, menjadi sektor dengan kinerja terbaik pada transaksi pertengahan pagi. Sebelumnya di hari perdagangan, posisi itu dipegang oleh sektor teknologi. Yang terakhir naik tipis pada hari Selasa menyusul berita bahwa Nokia dan Apple mencapai kesepakatan mengenai sengketa kekayaan intelektual mereka dan menyetujui lisensi multi-tahun. Nokia mencapai puncak benchmark Eropa dalam berita tersebut, naik hampir 7 persen.

Sebaliknya, saham sumber daya dasar memimpin penurunan pada hari Selasa pagi karena pembuat baja menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi harga batu bara kokas yang volatile.

Melihat saham individual, Electrocomponents meningkat hampir 3 persen setelah melaporkan kenaikan laba sebelum pajak setahun penuh menjadi £ 127 juta ($ 165,2 juta) dari 34,9 juta pound setahun yang lalu.

Saham perusahaan media Prancis Vivendi juga melonjak sekitar 3 persen menyusul laporan Wall Street Journal yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut dapat menaikkan saham minoritas di Universal Music Group.

Di sisi lain, perusahaan Swiss Clariant berada di dasar patokan Eropa, karena saham mengambil nafas setelah kenaikan kuat pada hari Senin. Ini diikuti berita bahwa pihaknya akan bergabung dengan Huntsman Corp yang menciptakan raksasa kimia senilai sekitar $ 14 miliar.

Sedikitnya 22 orang tewas dan sekitar 59 lainnya cedera setelah ledakan di sebuah konser Ariana Grande di utara Inggris. Insiden tersebut, yang dianggap sebagai insiden teroris, telah mengirim sterling sedikit ke bawah dan menyebabkan Perdana Menteri Teresa May menunda kampanye pemilihan 8 Juni.

Sementara itu, menteri keuangan zona Eropa gagal mencapai kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional karena bantuan utang untuk Yunani. Presiden Eurogroup Jeroen Dijsselbloem, yang memimpin pertemuan delapan jam pada hari Senin, mengatakan bahwa sebuah kesepakatan sudah dekat dan mereka akan kembali ke pertemuan berikutnya pada bulan Juni.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik terdukung data ekonomi zona Eropa yang membaik. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here