Bursa Wall Street Berakhir Naik; Perjalanan Luar Negeri Trump Berikan Dukungan

366

Bursa Saham A.S. naik pada akhir perdagangan Selasa dinihari (23/05) mencermati lawatan pertama ke luar negeri Donald Trump sejak menjabat sebagai Presiden AS.

Indeks Dow Jones naik sekitar 90 poin, dengan saham Boeing dan 3M memberikan kontribusi keuntungan paling banyak.

Indeks S & P 500 naik 0,5 persen, dengan sektor teknologi informasi terdepan. Teknologi telah menjadi sektor dengan kinerja terbaik di S & P tahun ini, meningkat 18 persen.

Indeks Nasdaq mengungguli, menguat 0,82 persen.

Analis menyatakan perjalanan pertama Presiden Trump ke luar negeri telah menempatkan beberapa masalah dalam negerinya menghilangkan kekuatiran gejolak politik dalam pemerintahan Trump.

Trump tiba di Tel Aviv Senin dan menggambarkan kunjungannya sebagai “kesempatan langka untuk membawa keamanan dan stabilitas dan perdamaian ke wilayah ini dan masyarakatnya.”

Kunjungan dua harinya ke Israel akan mencakup pertemuan terpisah dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas. Trump juga berencana untuk mengunjungi peringatan Holocaust Yad Vashem dan Tembok Barat, sebuah situs suci penting Yahudi.

Kunjungan Trump ke Israel terjadi setelah Trump mengunjungi Arab Saudi, sebuah perjalanan yang berakhir dengan kesepakatan senjata multi-miliar dolar. Saham-saham yang terkait dengan pertahanan muncul di belakang kesepakatan tersebut, dengan ASShares AS Aerospace & Defence ETF (ITA) naik sekitar 0,9 persen.

Perusahaan ekuitas swasta Blackstone juga mengumumkan pembentukan dana investasi infrastruktur senilai $ 40 miliar dengan Dana Investasi Publik Arab Saudi, dana kedaulatan utama negara tersebut. Saham Blackstone melonjak lebih dari 6 persen.

Perjalanan Trump terjadi setelah salah satu minggu terburuk masa kepresidenannya saat berita pecah bahwa Trump diduga mencoba mempengaruhi penyelidikan FBI. Saham mengalami hari terburuk mereka pada hari Rabu, karena tiga indeks utama turun lebih dari 1 persen.

Lihat : Raih Investasi Besar $ 380 Miliar di Arab Saudi, Optimisme Pemerintahan Trump Terangkat

Saham berjangka AS diperdagangkan lebih tinggi sebelum dibuka, dengan Dow futures naik 47 poin, sementara S & P dan Nasdaq futures masing-masing menguat 3,25 poin dan 11 poin.

Sementara itu, Comey setuju pekan lalu untuk bersaksi dalam sesi Senat terbuka beberapa saat setelah Memorial Day; Kesaksiannya bisa menimbulkan pertanyaan tentang masa depan kepresidenan Trump.

Analis mengatakan bahwa selama pasar yakin Trump akan dapat mendorong reformasi pajak dan deregulasi melalui Kongres, pasar akan tetap berada pada kisaran saat ini.

Dalam berita ekonomi, tidak ada data utama yang dirilis Senin, namun Wall Street melihat ke depan untuk rilis notulen dari pertemuan Federal Reserve pada 3 Mei. Risalah tersebut dijadwalkan untuk rilis pada hari Rabu.

Treasurys A.S. tergelincir, dengan imbal hasil obligasi 10 tahun naik menjadi 2,25 persen dan imbal hasil obligasi dua tahun naik menjadi 1,275 persen. Dolar AS turun sedikit terhadap sekeranjang mata uang, dengan euro mencapai level tertingginya sejak 9 November.

Indeks Dow Jones naik 89,99 poin atau 0,43 persen menjadi ditutup pada 20.894,83, dengan kenaikan tertinggi saham Boeing dan saham Pfizer tertinggal.

Indeks S & P 500 menguat 12,29 poin atau 0,52 persen, berakhir pada 2.394,02, dengan teknologi informasi memimpin 10 sektor lebih tinggi dan energi satu-satunya yang turun.

Indeks Nasdaq menguat 49,91 poin atau 0,82 persen menjadi 6.133,62.

Malam nanti akan dirilis data New Home Sales April AS yang diindikasikan lemah. Juga akan dirilis data Markit Manufacturing dan Services Mei AS yang diperkirakan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street dapat bergerak mixed jika data ekonomi mixed. Namun rengkaian perjalanan ke luar negeri Trump dapat memberikan sentimen positif bagi ekonomi AS dan berpotensi menguatkan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here