Data Ekonomi dan Harga Bijih Besi Angkat Aussie ke Posisi Tertinggi 14 Hari

318

Salah satu kurs komoditas aussie dollar berhasil mencetak rally masuki hari ke-3 berturut hingga naik ke posisi tertinggi dalam 14 hari melawan dollar AS. Kekuatan yang melanjutkan rally pair AUDUSD menerima kekuatan di awal sesi dari laporan Conference Board untuk indeks kinerja semua kegiatan ekonomi  Australia meningkat dalam 6 bulan terakhir.

Kekuatan pair juga didapat dari rally harga bijih besi selama 5 hari berturut hingga mencapai posisi tertinggi dalam 2 pekan pada perdagangan awal pekan kemarin. Namun kekuatan pair AUDUSD di tengah perdagangan sesi Asia (23/5) dibayangi oleh retreatnya harga minyak mentah dunia dan juga harga tembaga. Aussie juga menerima kekuatan positif dari momentum bearishnya dollar AS.

Pergerakan kurs aussie  sesi Asia (11:25:46 WIB)  bergerak  positif  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka melemah pada  0.7477  awal  perdagangan sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir pada posisi 0.7498  dan sempat turun  ke posisi  0.7434.

Untuk pergerakan selanjutnya secara teknikal, pair AUDUSD dikhawatirkan bergerak koreksi jika hingga sesi Eropa rebound aussie tidak sampai resisten lemahnya di 0.7514. Dan jika tembus resisten lemahnya akan lanjut ke upper BB20 di 0.7538. Jika terjadi koreksi akan turun menuju MA5 di posisi 0.7456.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here