Indeks Kospi 23 Mei Raih Kinerja Bursa Saham Terbaik Di Dunia

286
indeks kospi
Vibizmedia Photo

Bursa saham Seoul telah mencapai kinerja yang terbaik di seluruh dunia selama sebulan terakhir, dari data yang dirilis pada Selasa (23/05), tercatat pembelian oleh asing dan ekspetasi yang luar biasa untuk peningkatan pendapatan perusahaan.

Indeks Kospi ditutup pada 2288,48 pada hari Jumat, naik tinggi dari tujuh bulan sebelumnya dan menandai kenaikan tertinggi di antara bursa di negara maju dan berkembang.

Dan pada sesi penutupan perdagangan Senin kemarin (22/05), indeks Kospi berhasil tembus rekor di level 2300.

Hari ini indeks Kospi menambahkan 19,52 poin, atau 0,85 persen, pada level 2323,55. Sejarah baru terukir saat indeks tembus di level 2323.66 pada bulan ini.

Pendorong utama bullish bursa Seoul adalah pembelian saham yang kuat dan optimisme perkiraan pendapatan perusahaan-perusahaan di negeri ini.

Investor telah membeli saham-saham Korea Selatan lebih dari 2,5 triliun won atau setara dengan 2,24 miliar dolar A.S selama periode satu bulan, hal ini yang mendorong Kospi di atas angka 2300.

Indeks saham utama juga diperkirakan akan melanjutkan momentum kenaikannya tahun ini berkat peningkatan pendapatan perusahaan yang signifikan, undervaluation saham lokal dan fundamental ekonomi Korea Selatan yang kuat.

Perusahaan-perusahaan besar mencatat kinerja mumpuni di kuartal pertama tahun ini, seperti terlihat pada lonjakan laba Samsung Electronics mencapai 48 persen, hampir 10 triliun won. Dan diperkirakan membukukan laba operasional hingga 13 triliun won pada kuartal kedua.

Bursa Seoul kemungkinan akan melanjutkan pergerakan bullish tahun ini, meskipun ada faktor negatif seperti isu terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Korea Utara.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Kospi akan bergerak naik terdukung penguatan bursa Wall Street dan harapan baru untuk pemerintahan baru Korea Selatan. Indeks diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 2.304-2.294, dan jika harga meningkat akan bergerak dalam kisaran Resistance 2.350-2.375.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here