Bursa Eropa 24 Mei Bergerak Lemah Tertekan Downgrade Kredit Tiongkok

416

Pasar Saham Eropa dibuka sebagian besar melemah pada hari Rabu (24/05), setelah Moody’s menurunkan peringkat kredit Tiongkok.

Indeks FTSE bergerak pada 7504.98, naik 19.69 poin atau 0,26%

Indeks DAX bergerak pada 12632.82, turun -26,33 poin atau -0,21%

Indeks CAC bergerak pada 5338.47, turun -9,69 poin atau -0,18%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10893.70, turun -22.60 poin atau -0.21%

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun tipis 0,07 persen dalam transaksi awal, dengan sebagian besar sektor dan semua bursa utama Eropa diperdagangkan di wilayah negatif.

Moody’s Investors Service pada hari Rabu (24/05) menurunkan peringkat kredit Tiongkok menjadi A1 dari Aa3, mengubah outlook menjadi stabil dari negatif, dengan alasan upaya yang dilakukan untuk mendukung pertumbuhan akan memacu pertumbuhan hutang di seluruh ekonomi.

Moody’s dalam pernyataannya memperkirakan bahwa leverage ekonomi akan meningkat lebih lanjut dalam tahun-tahun mendatang. Program reformasi yang direncanakan kemungkinan akan melambat, namun tidak mencegah kenaikan leverage.

Lihat : Moody’s Turunkan Peringkat Kredit Tiongkok; Pertumbuhan Utang Diperkirakan Meningkat

Kementerian keuangan Tiongkok dengan cepat menolak downgrade tersebut, dengan mengatakan bahwa metodologi yang digunakan adalah “tidak tepat.”

Sumber daya dasar dengan keterkaitan kuat dengan Tiongkok, adalah terburuk di Eropa, turun 0,72 persen. Antofagasta, Glencore, dan Rio Tinto semua terdorong rendah dengan yang sebelumnya turun 1,6 persen di tengah berita pendapatan.

Sementara itu, sektor ritel turun 0,16 persen. Pengecer perbaikan rumah Kingfisher diperdagangkan di bagian bawah benchmark setelah melaporkan penurunan penjualan pada kuartal pertama hasilnya. Marks and Spencer juga turun 0,2 persen sesaat setelah mengumumkan penurunan laba tahunan sebesar 10 persen.

Di tempat lain, Britvic berada di puncak benchmark setelah melaporkan kenaikan pendapatan semester I sebesar 11,5 persen.

Juga dalam agenda Rabu, investor juga akan melihat A.S., di mana anggota parlemen menyiapkan anggaran berikutnya. Presiden Donald Trump meminta mereka untuk memotong pengeluaran $ 3,6 miliar dengan pengurangan biaya untuk program perawatan kesehatan dan bantuan makanan untuk orang miskin. Trump pergi ke Vatikan pada hari Rabu.

Bank Sentral Eropa juga akan menerbitkan laporan Financial Stability Review terbaru dan di malam hari, Federal Reserve A.S. akan merilis risalah dari pertemuan kebijakan moneter terakhirnya.

Sedangkan harga minyak diperdagangkan lebih tinggi pada Rabu dini hari menjelang pertemuan utama OPEC. Ekspektasi saat ini menunjukkan perpanjangan pemotongan pasokan yang dipimpin oleh OPEC.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah terpengaruh kekuatiran downgrade kredit Tiongkok. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here