Bursa Hong Kong Ditutup Naik Tertinggi 22 Bulan; Pergerakan Wall Street Dicermati

360

Pada penutupan perdagangan bursa saham Hong Kong Rabu (24/05), indeks Hang Seng berakhir naik 25,35 poin, atau 0,10 persen, menjadi ditutup pada 25428.50. Bursa Saham Hong Kong ditutup naik untuk hari keempat pada hari Rabu ke level tertinggi baru 22 bulan, mengabaikan downgrade peringkat kredit Moody’s.

Moody’s Investors Service pada hari Rabu (24/05) menurunkan peringkat kredit Tiongkok menjadi A1 dari Aa3, mengubah outlook menjadi stabil dari negatif, dengan alasan upaya yang dilakukan untuk mendukung pertumbuhan akan memacu pertumbuhan hutang di seluruh ekonomi.

Moody’s dalam pernyataannya memperkirakan bahwa leverage ekonomi akan meningkat lebih lanjut dalam tahun-tahun mendatang. Program reformasi yang direncanakan kemungkinan akan melambat, namun tidak mencegah kenaikan leverage.

Lihat : Moody’s Turunkan Peringkat Kredit Tiongkok; Pertumbuhan Utang Diperkirakan Meningkat

Saham-saham Tiongkok daratan jatuh pada berita, namun investor di Hong Kong lebih optimis.

Analis menghubungkan optimisme pasar Hong Kong yang sebagian disebabkan arus dana masuk daratan yang terus-menerus “dengan toleransi risiko yang lebih tinggi.”

Analis memperkirakan bahwa uang daratan mengalir ke saham Hong Kong rata-rata 200-400 miliar yuan ($ 29 miliar sampai $ 58 miliar) selama beberapa tahun ke depan, atau 1-2 miliar yuan setiap hari perdagangan, menurut China Securities Journal.

Saham Tencent turun sekitar 1 persen, mengambil nafas menyusul kenaikan kuat baru-baru ini.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan oleh EIA yang diindikasikan terjadi penurunan. Jika terealisir dapat mengangkat harga minyak mentah. Kenaikan harga minyak mentah berpotensi kuatkan bursa Wall Street

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Hang Seng akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika terealisir menguat akan menangkat bursa. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 24,938-24,484, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 25,920-26,423.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here