Bursa Shanghai 24 Mei Datar; Kenaikan Saham Kapital Kecil Imbangi Downgrade Kredit

390

Indeks Shanghai di bursa Tiongkok Rabu (24/05) berakhir naik tipis 0,06 persen atau 1,84 poin lebih tinggi pada 3.063,79. Bursa Saham Shanghai menutup kerugian awal yang berakhir datar pada hari Rabu, karena kenaikan kuat saham kapital kecil sebagian mengimbangi penurunan peringkat kredit Tiongkok oleh Moody.

Moody’s Investors Service pada hari Rabu (24/05) menurunkan peringkat kredit Tiongkok menjadi A1 dari Aa3, mengubah outlook menjadi stabil dari negatif, dengan alasan upaya yang dilakukan untuk mendukung pertumbuhan akan memacu pertumbuhan hutang di seluruh ekonomi.

Moody’s dalam pernyataannya memperkirakan bahwa leverage ekonomi akan meningkat lebih lanjut dalam tahun-tahun mendatang. Program reformasi yang direncanakan kemungkinan akan melambat, namun tidak mencegah kenaikan leverage.

Lihat : Moody’s Turunkan Peringkat Kredit Tiongkok; Pertumbuhan Utang Diperkirakan Meningkat

Indeks saham acuan turun lebih dari 1 persen sesaat setelah pasar dibuka, namun menutup sebagian besar kerugian untuk ditutup datar.

Analis mentarakan downgrade kredit Tiongkok telah memiliki dampak psikologis negatif di pasar,di tengah kampanye Beijing untuk membersihkan sistem keuangan telah menaikkan suku bunga pasar dan menebar kepanikan di kalangan investor ritel.

Pasar telah merosot dalam beberapa pekan terakhir di tengah tanda-tanda bahwa tindakan keras Beijing terhadap shadow banking dan investasi berisiko mendorong biaya pinjaman jangka pendek dan mengancam untuk memperlambat ekonomi.

Dalam tanda langka pengetatan likuiditas di pasar antar bank, Shanghai Interbank Offered Rate (SHIBOR) satu tahun berada pada 4,322 persen, melampaui Prime Rate satu tahun di 4,3 persen.

Morgan Stanley mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Rabu bahwa suku bunga antar bank Tiongkok dapat naik sebesar 40-50 basis poin dari level sekarang dalam beberapa bulan mendatang, untuk mengimbangi pergerakan pengetatan Federal Reserve A.S.

Sebagian besar sektor melemah, dipimpin oleh konsumen dan perawatan kesehatan.

Saham-saham kapital kecil rally kuat, dengan kelompok start-up berteknologi tinggi ChiNext naik 1,0 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Shanghai akan bergerak lemah dengan kekuatiran pengetatan kebijakan keuangan. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 2959-2873, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3141-3233.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here