Optimisme Konsumen Jerman Naik Dua Bulan Berturut

385

Konsumen Jerman tetap optimis untuk bulan kedua berturut-turut, demikian survei yang diawasi ketat yang dirlis perusahaan riset pasar GfK hari Rabu (24/05).

Survey yang diambil dari jajak pendapat dari 2.000 konsumen naik menjadi 10,4 poin untuk bulan Juni, setelah 10.2 di bulan Mei, yang sudah berada di level tertinggi dua tahun.

germany-consumer-confidence

“Perekonomian di jalur pertumbuhan dan prospek pekerjaan yang baik membuat pekerja melihat masa depan dengan optimisme,” kata periset tersebut.

Konsumen Jerman sekarang tidak terpengaruh oleh ketidakpastian tentang masalah kebijakan ekonomi lebih lanjut di Amerika Serikat dan negosiasi Brexit yang akan datang, demikian GfK mengatakan.

GfK menunjuk pada risiko kemungkinan guncangan ekonomi dari luar, seperti meningkatnya kecenderungan proteksionis di AS di bawah Presiden Donald Trump.

Jika ekspor terhambat oleh hambatan perdagangan atau tarif yang lebih tinggi untuk Jerman, ini dapat menyebabkan terutama karyawan di perusahaan yang berorientasi ekspor kuat untuk lebih takut pada pekerjaan mereka, yang akan menahan pembelian mereka, kata GfK.

Data terakhir datang sehari setelah survei terpisah, oleh institut Ifo yang berbasis di Munich, mengatakan bahwa kepercayaan bisnis telah melonjak ke tingkat tertinggi dalam lebih dari seperempat abad.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here