Indeks Nikkei 25 Mei Dibuka Naik; Saham SoftBank Cetak Rekor Tertinggi

2448
indeks nikkei

Indeks Nikkei di Bursa Jepang pada perdagangan Kamis (25/05) dibuka naik, terpantau naik 106,12 poin atau 0,54 persen di 19849.10. Penguatan indeks Nikkei setelah yen melemah di perdagangan Asia, sementara lonjakan indeks-kelas berat seperti SoftBank mendukung sentimen.

Dolar naik 0,1 persen menjadi 111,67 yen, bergerak menuju level 120. Dolar pada posisi defensif sebelumnya, karena pasar mata uang bereaksi terhadap risalah pertemuan the Fed yang memberi sinyal pendekatan bertahap untuk menaikkan suku bunga dan pengurangan dari $ 4,5 triliun kepemilikan obligasi.

Pada hari Rabu, risalah dari pertemuan kebijakan terakhir the Fed menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan sepakat bahwa mereka harus menunda kenaikan suku bunga sampai jelas perlambatan ekonomi A.S. saat ini bersifat sementara dapat berubah, dengan sebagian besar mengatakan kenaikan segera terjadi.

Lihat : Risalah FOMC : The Fed AS Menantikan Data Pendukung Sebelum Menaikkan Suku Bunga Lagi

Perusahaan teknologi informasi SoftBank melonjak sebanyak 4,5 persen untuk mencapai level tertinggi dua minggu di 8.884 yen dan berkontribusi pada 31 poin positif ke Nikkei setelah Bloomberg melaporkan bahwa perusahaan tersebut telah membangun saham senilai $ 4 miliar di Nvidia.

Penguat hari Kamis adalah sektor sensitif permintaan domestik, dengan sektor utilitas naik 1,2 persen, sektor real estat bertambah 1,0 persen dan sektor transportasi darat naik 0,9 persen.

Saham Chubu Electric Power Co naik 1,4 persen, saham Mitsubishi Estate Co menguat 1,3 persen dan saham East Japan Railway Co menambah 0,8 persen.

Pemain terburuk adalah saham keuangan, setelah yield obligasi A.S. turun.

Saham bank dan perusahaan asuransi melemah. Saham Sumitomo Mitsui Financial Group turun 0,3 persen, saham Mizuho Financial Group turun 0,4 persen dan saham Dai-ichi Life Holdings turun 0,8 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Nikkei untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak naik jika pelemahan Yen berlanjut. Secara teknikal Indeks diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 19.310-18.875, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 20.346-20.814.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here