Indeks Shanghai 25 Mei Naik Terbantu Penguatan Yuan

353
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (25/05), Indeks Shanghai bergerak lemah, saat ini terpantau naik 11,90 poin atau 0,39 persen menjadi 3075.98. Penguatan Bursa Saham Shanghai meningkat terdukung penguatan mata uang Yuan sehari setelah lembaga pemeringkat Moody’s menurunkan peringkat kredit Tiongkok.

Yuan Tiongkok naik mendekati level tertinggi dua tahun pada hari Kamis dengan USD / CNY turun 0,20% menjadi 6,8746 pada laporan bank-bank milik negara yang menjual dolar di pasar domestik.

Bank Rakyat Tiongkok menetapkan titik tengah yuan di 6,8695 melawan dolar pada hari Kamis, dibandingkan dengan penutupan sebelumnya 6,8895, sehari setelah Moody’s menurunkan peringkat kredit Tiongkok.

Sistem Perdagangan Devisa China menetapkan rata-rata tertimbang harga yang diberikan oleh para pembuat pasar. Penawaran tertinggi dan terendah dikecualikan dari perhitungan. Bank sentral mengizinkan kurs dolar / yuan bergerak tidak lebih dari 2% di atas atau di bawah tingkat paritas sentral.

Investor masih dibayangi oleh kebijakan pengetatan pasar keuangan oleh regulator Beijing.

Broker Citic Securities, Haitong Securities dan Guosen Securities didenda oleh regulator karena melanggar peraturan pembiayaan. Saham Citic Securities yang terdaftar di bursa utama turun 0,76 persen, Haitong turun 0,75 persen dan Guosen jatuh 1,19 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pasar saham akan menguat jika mata uang Yuan terus miningkat. Namun pasar masiha akan dibayangi kekuatiran pengetatan kebijakan keuangan. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 2985-2902, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3141-3233.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here