Risalah FOMC : The Fed AS Menantikan Data Pendukung Sebelum Menaikkan Suku Bunga Lagi

637

Pada pertemuan Federal Reserve Open market Committee (FOMC) bulan Mei, suku bunga Fed dipertahankan di kisaran 0,75-1,00%.

FOMC menganggap bahwa adalah bijaksana untuk menunggu bukti lebih lanjut bahwa data terakhir yang lemah adalah bersifat sementara sebelum meningkat lagi.

Pejabat masih mengharapkan kelemahan akan berlalu dan akan segera tepat untuk menaikkan suku bunga jika harapan mereka terpenuhi.

Ada kesepakatan bahwa rincian rencana neraca harus diumumkan segera dengan beberapa pengurangan yang sesuai tahun ini.

Banyak pejabat masih melihat potensi risiko naik dari kebijakan fiskal ekspansif, namun mencatat ketidakpastian mengenai hasilnya.

Penilaian keseluruhan ekonomi mereka sedikit berubah dari pertemuan sebelumnya dan ada harapan bahwa belanja konsumen akan pulih dalam beberapa bulan mendatang mengingat fundamental ekonomi yang solid.

Peserta umumnya terus berharap inflasi akan stabil di sekitar target 2% dalam jangka menengah, terutama karena harga impor mulai meningkat. Namun beberapa peserta, menyatakan ketidakpastian tentang alasan kelemahan inflasi yang tak terduga belakangan ini.

Menjelang rilis tersebut, pasar berjangka memperkirakan bahwa kemungkinan kenaikan Juni berada di sekitar 83%, meskipun kemungkinan kenaikan lebih jauh setelah Juni berada di bawah 50%.

Mengingat bahwa rilis data berikutnya mixed, akan ada peningkatan keraguan apakah kenaikan lebih lanjut akan disetujui pada bulan Juni.

Secara keseluruhan, hasil yang lebih mungkin terlihat adalah bahwa suku bunga akan dinaikkan pada bulan Juni dengan the Fed kemudian berusaha untuk berhenti sejenak dan berkonsentrasi pada pergerakan neraca selama kuartal ketiga.

Ada kemungkinan kuat bahwa ukuran neraca yang diusulkan akan dirilis pada pertemuan bulan Juni.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here