Bursa Shanghai 26 Mei Berakhir Naik; Mingguan Turun

667

Bursa saham Tiongkok membalikkan kerugian sebelumnya, karena berhasil menutup perdagangan di akhir pekan dengan lebih tinggi.

Indeks Shanghai menambahkan 2,33 poin, atau 0,08 persen, pada level penutupan 3110,16.

Dari awal pekan ini, pasar telah tertekan oleh kekhawatiran yang berlarut-larut atas pengetatan kebijakan dan prospek pertumbuhan ekonomi, ditambah dengan downgrade dari Moody’s Coporation mendorong saham Shanghai mendekati level terendah tujuh bulan pada hari Rabu pagi.

Namun kenaikan kuat terjadi di saham keuangan, di mana dukungan pemerintah berhasil mengangkat pasar pada hari Kamis.

Untuk minggu ini indeks melemah -0,79 persen. Pelemahan minggu ini terjadi karena kekhawatiran yang berkepanjangan mengenai pertumbuhan ekonomi dan peraturan yang lebih ketat untuk mengekang investasi spekulatif, juga kekhawatiran mengenai langkah-langkah pengetatan kebijakan.

Malam nanti akan dirilis data GDP Growth Rate estimasi kedua Q1 dan Durable Goods Orders April yang diindikasikan menurun. Jika terealisir akan menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan bergerak positif jika dollar AS melemah. Namun pengetatan kebijakan pasar keuangan dapat menekan bursa.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here