Harga Emas Berakhir Mixed; The Fed Berhati-hati Terhadap Keputusan Suku Bunga

502

Harga emas mixed pada akhir perdagangan Jumat dinihari (26/05) setelah risalah dari pertemuan Federal Reserve A.S. menyarankan bahwa bank sentral dapat mengambil pendekatan yang lebih berhati-hati terhadap kenaikan suku bunga.

Harga emas spot LLG turun 0,24 persen menjadi $ 1,255.10 per ons. Harga emas berjangka A.S. naik $ 3,30 menjadi menetap di $ 1,256.40.

Pembuat kebijakan Fed telah sepakat pada pertemuan tersebut bahwa mereka harus menahan kenaikan suku bunga sampai jelas bahwa perlambatan ekonomi A.S. baru-baru ini hanya sementara, meskipun sebagian besar mengatakan kenaikan akan segera datang.

Suku bunga yang lebih tinggi cenderung mendorong dolar AS dan mendorong imbal hasil obligasi, meningkatkan biaya peluang untuk menahan emas yang tidak menghasilkan dan dengan demikian menekan harga emas.

Dana berjangka federal menyiratkan bahwa para pedagang percaya ada kemungkinan 83 persen bahwa Fed akan menaikkan suku bunga seperempat poin persentase pada pertemuan bulan Juni, menurut alat FedWatch CME Group.

Ekspektasi suku bunga A.S. akan meningkat bulan depan dan berpotensi lagi di akhir tahun ini telah menjadi faktor utama dalam menjaga harga emas bergerak di bawah resistance di bawah $ 1.300.

Namun di sisi teknis, analis melihat harga tetap stabil dalam beberapa sesi berikutnya setidaknya.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,08 persen pada $ 17,17 per ons, sementara platina naik 0,18 persen menjadi $ 945,74 dan paladium naik 0,98 persen menjadi $ 770,50. Pada hari Rabu perak naik hampir 1 persen, sementara paladium turun dengan jumlah yang sama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya akan bergerak turun setelah penguatan bursa Wall Street. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 1,253 – $ 1,251, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,257 – $ 1,259.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here