Optimisme Konsumen April Korea Selatan Melonjak Tertinggi 3 Tahun

272

Optimisme konsumen Korea Selatan melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari tiga tahun dengan presiden baru negara tersebut menjanjikan lebih banyak pengeluaran pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja.

Indeks sentimen konsumen bulanan Bank of Korea meningkat menjadi 108 di bulan Mei dari 101,2 di bulan sebelumnya, mengindikasikan meningkatnya optimisme, data yang dirilis pada hari Jumat (26/05). Kenaikan ini merupakan tertinggi sejak April 2016.

south-korea-consumer-confidence

Perbaikan tajam terjadi saat Presiden Moon Jae-in terpilih pada 9 Mei, mengakhiri berbulan-bulan kekacauan politik akibat skandal penyuapan yang menempatkan pendahulunya Park Geun-hye dan kelompok Samsung. Sentimen juga didukung oleh data ekonomi positif termasuk ekspansi dua digit dalam ekspor.

Moon menyebut dirinya “jobs president” dan telah berjanji untuk meningkatkan pengeluaran fiskal dan menciptakan ratusan ribu pekerjaan selama masa jabatan lima tahunnya. Dia juga berusaha untuk mempromosikan ekspansi yang dipimpin oleh pendapatan, dan melihat pertumbuhan upah yang lebih tinggi sebagai kunci untuk mencapai tujuan ini.

Gubernur BOK Lee Ju-yeol mengatakan pada hari Kamis bahwa laju pertumbuhan ekonomi terlihat lebih baik daripada perkiraan April bank sentral sebesar 2,6 persen tahun ini.

Indeks sentimen konsumen ditentukan oleh survei 2.042 rumah tangga dari 12-19 Mei mengenai pandangan mereka mengenai mata uang termasuk pendapatan, pengeluaran dan prospek ekonomi. Angka di atas 100 menunjukkan orang lebih optimis terhadap ekonomi daripada rata-rata yang terlihat dari tahun 2003 sampai 2016.

Jumlah perbaikan terutama sangat tinggi untuk sub-indeks pada prospek peluang kerja dan prospek ekonomi, demikian pernyataan tersebut. Sub-indeks untuk prospek pengeluaran swasta tidak berubah.

Ekspektasi inflasi rumah tangga pada 12 bulan ke depan turun menjadi 2,5 persen dari 2,6 persen bulan sebelumnya, demikian pernyataan tersebut menunjukkan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here