Bursa Eropa Mingguan Mixed; Pidato Mario Draghi Dicermati

411

Bursa Eropa ditutup mixed pada akhir pekan hari Jumat (26/05) terpengaruh kerugian perusahaan energi yang membebani bursa-bursa utama.

Indeks FTSE berakhir pada 7547.63, naik 29,92 poin atau 0,40%

Indeks DAX berakhir pada 12602.18, turun -19.54 poin atau -0.15%

Indeks CAC berakhir pada 5338.00, naik 3 poin atau 0,03 persen

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10904.20, turun -33.50 -0.31% 179953263

Indeks Pan-European Stoxx 600 berakhir 0,2 persen lebih rendah dengan sebagian besar bursa dan sektor utama di wilayah negatif. Patokan Eropa, CAC Perancis dan DAX Jerman sedikit berubah dalam minggu ini.

Untuk minggu ini indeks FTSE 100 meningkat 1,03 persen, indeks DAX melemah -0,29 persen, indeks CAC 40 naik 0,23 persen, indeks IBEX 35 naik 0,64 persen.

FTSE 100 adalah pemain yang menonjol karena naik 0,4 persen untuk mencapai rekor tertinggi baru. Sterling jatuh ke posisi terendah 10 hari membantu meningkatkan pasar saham pada hari Jumat di berita Partai Konservatif yang memerintah Inggris telah tergelincir dalam pemilihan. Pemilih Inggris akan memberikan suara mereka dalam pemilihan umum pada tanggal 8 Juni. Indeks blue-chip Inggris juga naik sekitar 0,7 persen untuk minggu perdagangan.

Saham minyak dan gas merupakan kinerja terburuk pada hari Jumat karena para pedagang mencerna perluasan pengurangan produksi dari OPEC dan beberapa anggota non-OPEC. Pada hari Kamis kelompok tersebut mengumumkan dari kantor pusatnya di Wina bahwa mereka akan memperpanjang pasokan minyak 1,8 juta barel per hari selama sembilan bulan berikutnya. Meskipun perpanjangan menjadi skenario dasar untuk pasar, para pedagang tampak kecewa dengan jumlah dan durasi pemotongan yang dijanjikan.

Harga minyak merosot lebih dari 4 persen segera setelah kesepakatan diumumkan pada hari Kamis namun diperdagangkan lebih tinggi pada hari Jumat. Sektor minyak dan gas turun lebih dari 1 persen karena Saipem, ENI, OMV dan Technipfmc semuanya terkontraksi sekitar 2 persen lebih rendah.

Jasa keuangan dan bank juga turun lebih dari 0,6 persen. Societe Generale, Commerzbank dan Deutsche Bank turun lebih dari 1,5 persen.

Saham media menunjukkan kinerja terbaik pada hari Jumat, naik 0,57 persen. Kelompok media Italia Mediaset memimpin kenaikan tersebut dan ditempatkan di puncak bursa Eropa.

Pada hari Jumat, investor mengalihkan perhatian mereka ke Sisilia, Italia, di mana pemimpin G-7 bertemu untuk membahas hal-hal termasuk perdagangan dan perubahan iklim. Para pemimpin Eropa akan tertarik untuk menjembatani kesenjangan kebijakan yang jelas dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Pada hari Kamis, presiden berhadapan dengan anggota NATO, dengan alasan bahwa mereka harus berbuat lebih banyak untuk memenuhi persyaratan kontribusi.

Sementara itu, partai politik Inggris Raya akan melanjutkan kampanye pemilihan empat hari setelah serangan teror mematikan menghantam kota Manchester. Inggris menghentikan sementara pertukaran intelijen dengan A.S. pada hari Kamis setelah informasi dibocorkan ke pers A.S. Namun, sharing dilanjutkan Jumat dini hari.

Malam nanti akan ada pidato Presiden BOE Mario Draghi yang akan dicermati investor.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mixed terpengaruh liburanya pasar AS dan Inggris, juga akan akan mencermati pidato Mario Draghi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here