Bursa Seoul 29 Mei Akhirnya Terseret Kekuatiran Uji Coba Rudal Korea Utara

286

Pasar keuangan Korea Selatan pada hari ini (29/05) terlihat bergejolak, yang dipicu peluncuran rudal terbaru Korea Utara. Namun pemerintah mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan tindakan terhadap gejolak yang terjadi di pasar keuangan lokal dan ekonomi nasional.

Indeks Kospi turut menderita di akhir pedagangannya, akibat uji coba rudal Korut. Indeks melayang -2,33 poin, atau -0,10 persen, pada level 2352,97, setelah alami kenaikan pada pagi hari dan menyentuh rekor tertinggi intraday di 2371,67.

Lembaga lokal menjual saham sebanyak 98,9 miliar won, atau setara 88,18 juta dolar A.S. Terlihat lembaga lokal mempercepan penjualan saham mereka di sore hari.

Pemerintah berjanji akan memperkuat pemantauan pasar secara tidak langsung dan melakukan tindakan segera sesuai dengan rencana kontinjensi yang telah ditetapkan.

Esok hari akan dirilis data ekonomi Household Spending April, Retail Sales April dan Unemployment Rate April yang diindikasikan positif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Kospi akan bergerak naik jika data ekonomi terealisir positif. Indeks diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 2.355-2.342, dan jika harga meningkat akan bergerak dalam kisaran Resistance 2.375-2.385.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here