Bursa Hong Kong 29 Mei Berakhir Naik Tertinggi Sejak 3 Juli 2015

333
hong kong

Indeks Hang Seng ditutup naik tipis pada sesi akhir perdagangan hari Senin (29/05). Saham properti membantu kenaikan, di mana mengantisipasi permintaan rumah yang kuat di kota-kota kecil di Tiongkok. Pada hari ini juga pasar saham Tiongkok tutup karena libur Festival Perahu Naga.

Hang Seng diakhiri dengan penambahan 62,36 poin, atau 0,24 persen, pada level 25.701,63, penutupan tertinggi sejak 3 Juli 2015.

China Evergrande Group memimpin kenaikan saham properti setelah Morgan Stanley memberikan rating overweight untuk saham pengembang.

Saham yang diperdagangkan hari ini meningkat tiga kali lipat tahun ini, melonjak hampir 23 persen ke rekor penutupan 15,20 dolar Hong Kong.

Saham pengembang Tiongkok lain yang juga melesat ialah Country Garden, yang naik 9,4 persen, Agile Group naik 5,1 persen dan China Resources Land 2,0 persen.

Untuk sektor properti Hong Kong tetap kuat dengan sub-indeks yang meningkat 1,04 persen, mengabaikan perubahan peraturan bank Hong Kong selama akhir pekan untuk menaikan suku bunga KPR.

Bank-bank besar di Hong Kong, Standard Chatered, HSBC Holdings dan Bank of China Hong Kong, mengatakan akan menaikkan suku bunga setelah langkah pengetatan hipotek terbaru oleh bank sentral.

Saham Linhua Supermarket melonjak 24,4 persen ke penutupan tertinggi sejak September 2015 setelah pemegang sahamnnya, Shanghai Yihuo E-Commerce Co setuju untuk menjual 18 persen sahamnya ke unit Alibaba Group Holding.

Pasar keuangan Hong Kong akan tutup pada hari Selasa karena liburan, demikian juga pasar Tiongkok masih akan tutup pada Selasa dan akan dibuka kembali pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Hang Seng akan bergerak mencermati bursa Wall Street pada perdagangan mendatang. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 25,202-24,723, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 26,207-26,710.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here