MEDC Tawarkan Obligasi Demi Bayar Utang 2 T, Sahamnya Tertekan

350

Hingga bulan Maret 2018 PT Medco Energi Internasional Tbk.(MEDC) harus membayar utang dari obligasi sebesar Rp2 triliun (1,5 triliun dari obligasi berkelanjutan tahap I tahun 2012 dan sisanya dari obligasi berkelanjutan tahap II tahun 2013). Karenanya perseroan kembali melakukan penawaran umum untuk Obligasi Berkelanjutan II Tahap V Tahun 2017 sebesar Rp1,3 triliun.

Dari obligasi yang ditawarkan tersebut terdiri dari 3 seri yang pembayarannya berjangka (370 hari, 3 tahun dan 5 tahun). Dari jumlah penawaran ini, hanya Rp1,08 triliun yang di jamin dengan Kesanggupan Penuh sedangkan sisanya dijamin dengan Kesanggupan Terbaik.  Sebagai informasi peringkat yang didapat obligasi ini dari Pefindo yaitu idA+.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham hari Senin (29/5), saham MEDC dibuka kuat pada posisi 2790 setelah sebelumnya 2770 dan  saham  bergerak kuat  hingga mencapai posisi tinggi 2850   dengan volume perdagangan saham    mencapai 37 ribu lot  saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham MEDC perdagangan sebelumnya bearish dengan indikator MA  bergerak turun dan  indikator Stochastic turun mendekati area tengah dari area atas.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak turun dengan  +DI yang  bergerak datar menunjukkan pergerakan MEDC mendapat sinyal negatif.  Dengan kondisi teknikalnya  diprediksi kisaran saham berikutnya  pada target  support di level 2680 hingga target resistance di level 2940.

Lens Hue/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
 Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here